Mendidik dengan Hati

Pengertian manajemen sumber daya manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu ilmu yang mengatur peranan tenaga kerja dalam suatu organisasi atau perusahaan yang dimiliki oleh personal (individu) agar bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi yang sudah ditetapkan.
Pengertian manajemen sumber daya manusia
Di dalam manajemen sumber daya manusia meliputi pengembangan para anggota atau karyawan perusahaan, evaluasi kenarja individu, perencanaan program kerja, pengelolaar karir, dan timbal balik berupa kompensasi yang diberikan perusahaan. Unsur utama yang ada dalam MSDM adalah manusia.
Tujuan dari MSDM adalah meningkatkan produktivitas individu yang tergabung dalam suatu perusahaan agar bisa bertanggung jawab atas apa yang diembankan kepadanya.
Fungsi MSDM adalah sebagai berikut:
1. Sebagai fungsi manajerial meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
2. Sebagai fungsi operasional meliputi: pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja.
Untuk membangun perusahaan dan untuk mendapatkan tujuan perusahaan, seorang menejer harus bisa membangun kerjasama yang tinggi kepada bawahannya agar bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, perusahaan juga memberikan kompensasi atau tunjangan kepada karyawannya agar bisa bekerja dengan baik seperti kerjasama yang baik dalam tim kerja.
Kasus gaji besar yang terima oleh pekerja di pabrik semen Cilacap Jawa Tengah yang mencapai 10 kali lipat dari gaji penduduk lokal adalah suatu hal yang mencengangkan. Banyak yang berspekulasi ini tidak adil. Namun banyak juga yang berspekulai bahwa tingkat sumber daya manusia di Indonesia masih rendah sehingga mereka atau perusahaan tersebut tidak bisa memberikan gaji yang tinggi kepada mereka.
Kalau kita melihat orang yang bekerja di pabrik di wilayah Jepang, China, Korea, Jerman, Inggris, dan Belanda mereka sangat disiplin. Selain kedisiplinannya mereka juga profesional dalam menjalankan tugas yang diberikan kepadanya. Kalau di Indonesia para pekerjanya masih banyak yang kurang profesional dan masih banyak yang berpikiran “asal saya selesai mengerjakan pekerjaan saya”. Jadi masih banyak yang bekerja asal-asalan.
Alhamdulillah ada peran pemerintah untuk memajukan tingkat sumber daya manusia di Indonesia dengan memberikan beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi bahkan gratis biaya kuliah serta mendapatkan uang saku bulanan seperti Beasiswa Bidik Misi. Selain itu pemerintah Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga sering mengadakan pelatihan bagi lulusan SMP dan SMA untuk bekerja diberbagai perusahaan seperti perusahaan tekstil.
Demikian penjelasan seputar pengertian sumber daya manusia yang kami himpun dari berbagai sumber dan buku sekolah elektronik SMA ekonomi akuntansi kelas XII.
Rating: 4.5