Mendidik dengan Hati

Pengertian sumber daya alam menurut para ahli

 Pengertian sumber daya alam menurut para ahli dan juga pembagian macamnya. Sumber daya alam atau SDA adalah semua yang bermanfaat bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya dan sumbernya berasal dari alam.
Pengertian sumber daya alam menurut para ahli
Menurut para ahli di buku geografi, sumber daya alam adalah sesuatu yang berasal dari alam bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia. Sumber daya alam tersebut bisa berasal dari tanah, air, dan udara.
Sumber daya alam dibagi menjadi tiga macam yaitu berdasarkan kegunaannya, berdasarkan pembaharuannya, dan berdasarkan jenisnya. Berikut selengkapnya:
A. SDA berdasarkan kegunaannya dibagi menjadi dua macam yaitu:
1. SDA penghasil bahan baku adalah jenis sumber daya alam yang menyediakan atau menghasilkan barang untuk digunakan sebagai bahan baku atau bahan lainnya. Contohnya adalah barang tambang, hasil pertanian seperti palawija, hasil hutan.
2. SDA penghasil energi adalah sumber daya alam yang menghasilkan energi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah energi matahari digunakan untuk menjemur barang atau pakaian dan bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Contoh lain adalah aliran air sungai, gas bumi, dan minyak bumi.

B. Sumber daya alam berdasarkan pembaharuannya dibagi menjadi tiga macam yaitu:
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya yang bisa diadakan terus-menerus. Contohnya adalah hasil hutan jika setelah ditebang kayunya bisa ditanam lagi, contoh lain adalah hasil pertanian
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat habis jika dipakai terus-menerus. Contohnya adalah batubara dan minyak bumi.
3. Sumber daya alam yang selalu ada (tidak terbatas) adalah sumber daya alam yang selalu ada dan bisa digunakan terus menerus. Contohnya adalah angin, arus laut, dan cahaya matahari.

C. Sumber daya alam berdasarkan jenis dibagi menjadi dua macam yaitu:
1. Sumber daya alam hayati atau biotik adalah sumber daya alam dari makhluk hidup. Contohnya adalah hewan dan tumbuhan yang sangat beragam.
2. Sumber daya alam abiotik atau hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari benta tak hidup (benda mati). Contohnya adalah batuan, jenis tambang logam, minyak bumi, batu akik, batu bara.

Demikianlah penjelasan pengertian sumber daya alam menurut para ahli dan berbagai macam bentuk sumber daya alam. Alam Indonesia ini sangat kaya sekali. Namun kita tidak bisa mengelolanya. Dan yang mengelola adalah pihak asing. Kita malah kebagian beberapa persen saja dari keuntungannya. Sungguh sangat tragis ... semoga bermanfaat untuk anak-anaku yang sedang belajar di rumah.
Rating: 4.5