Mendidik dengan Hati

Persebaran flora di indonesia bagian barat, tengah, dan timur

Persebaran flora di indonesia bagian barat, tengah, dan timur terbentuk pada jaman es. Pada waktu itu daratan yang masih menyatu kemudian mengalami retakan dan berpisah. Peristiwa itu berlangsung selama jutaan tahun yang lalu dan terbentuklah kepualauan di Indonesia. Setiap pulau memiliki beragam jenis flora atau tumbuhan yang berbeda-beda.
Persebaran flora di indonesia bagian barat, tengah, dan timur
Raflesia Arnoldi endemik dari Sumatra
Flora dibagian barat ini terdiri dari hutan hujan tropis. Mengapa demikian? Apakah ada yang tahu? Karena di bagian barat ini curah hujannya tinggi. Berbeda dengan di bagian tengah yang curah hujannya lebih sedikit.

Berikut ini ciri-ciri persebaran flora di indonesia bagian barat:
1. Memiliki kawasan mangrove atau hutan bakau yang banyak di sekitar pantai.
2. Jenis tumbuhannya sangat beragam atau heterogen.
3. Disetiap tahunnya hutan selalu hijau.
4. Kayu di dalam hutannya memiliki kaya manfaat seperti kayu jati, kayu mahoni, dan jenis kayu lainnya yang teksturnya sangat keras dan baik untuk bangunan gedung maupun rumah.
5. Tumbuhan di hutan banyak yang memiliki ketinggian 60 meter.
Wilayah flora bagian barat adalah pulau kalimantan, pulau bali, pulau jawa, dan pulau sumatra. Jenis flora yang ada di ketiga pulau tersebut sama seperti contoh bunga Raflesia Arnoldi yang ditemukan di Sumatra ternyata di Jawa juga ada. Nama bungan bangkai di pulau jawa terkenal dengan nama bunga Sluweg. Bentuk ukurannya cenderung lebih kecil daripada di Sumatra. Demikian juga di kalimantan juga ada.
Jenis tumbuhan lain di bagian barat seperti kantong semar dan kayu meranti.

Persebaran flora di indonesia bagian tengah.
Flora bagian tengah meliputi pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara. Dibagian tengah ini jenis hutannya seragam atau hutan homogen yang artinya didominasi oleh satu jenis tumbuhan. Seperti kita ketahui di wilayah Nusa Tenggara banyak ditumbuhu oleh sabana dan stepa. Kalau di wilayah bagian tengah seperti Nusa Tenggara memiliki curah hujannya sedikit. Sehingga kalau pada musim kemarau kita sering menjumpai di daerah sana banyak mengalami kekeringan. Selain itu masih banyak pegunungan kapur.
Jenis tumbuhan yang ada di hutan flora bagian tengah adalah pinus, cemara, dan palma.

Persebaran flora di indonesia bagian timur.
Wilayah flora bagian timur mencakup pulau Maluku dan Papua. Ciri-ciri flora bagian timur adalah:
1. Memiliki kemiripan dengan flora benua Australia.
2. Ketinggian pohonnya lebih rendah daripada flora bagian barat.
3. Banyak tanaman semak belukar.
4. Pepohonannya masih jarang
Jenis flora yang khas dari bagian timur adalah pohon matoa (sejenis rambutan dari Papua) dan tanaman ficus famili beringin.
Demikian penjelasan persebaran flora di indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Semoga bermanfaat. Sumber: dari berbagai sumber.
Rating: 4.5