Mendidik dengan Hati

Asam amino esensial dan non esensial

Pak guru akan menjelaskan pengertian asam amino esensial dan non esensial, perbedaannya, dan contohnya. Setiap hari tubuh memerlukan nutrisi. Ternyata tubuh juga memproduksi nutrisi tersebut dan pada nutrisi asam amino tidak bisa diproduksi di dalam tubuh yakni kita perlu asupa gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.
Asam amino esensial
Pengertian asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dibentuk di dalam tubuh manusia melainkan harus ada asupan asam amino dari luar tubuh manusia itu sendiri. Sebutan lain dari asam amino esensial adalah indispensable. Fungsi dari asam amino esensial adalah untuk pertumbuhan tubuh dan jika kekurangan maka akan terjadi busung lapar. Dalam hal ini tubuh tidak bisa menyimpan asam amino sehingga asupan asam amino harus terpenuhi setiap hari.
Contoh asam amino esensial adalah sebagai berikut:
1. Histidina (His)
Di dalamnya terdapat protein
2. Isoleusin (Ile)
3. Leusin (Leu)
Banyak terdapat pada protein yang berfungsi untuk perkembangan anak dan berperan dalam keseimbangan nitrogen untuk orang dewasa.
4. Lisin (Lys)
Ini juga pembentuk protein yang larut dalam air. Kacang polong-polongan banyak mengandung lisin.
5. Metionin
Ini juga termasuk penyusun protein yang banyak terkandung di dalam susu, bayam, jagung, bawang putih, tempe, tahu, kacang merah.
Asam amino non esensial
Asam amino non esensial ini bisa dibentuk di dalam tubuh sehingga tidak harus dipenuhi dari dalam tubuh seperti asupan makanan.
Contoh asam amino non esensial sebagai berikut:
1. Prolin (Pro)
Prolin merupakan penyusun protein yang berfungsi sebagai penjaga keseimbangan tekanan osmotik sel.
2. Serine (Ser)
Serine merupakan komponen protein yang banyak kita jumpai di protein hewan.
Rating: 4.5