Mendidik dengan Hati

Bagian-bagian bunga dan fungsinya secara lengkap

Pak guru akan menjelaskan bagian-bagian bunga dan fungsinya. Yang kita bahas kali ini adalah bunga sempurna yaitu bunga yang terdapat benang sari dan putik. Ternyata pada sebagian tumbuhan, bunga merupakan cara tumbuhan untuk memperbanyak dirinya atau berkembangbiak. Sebagai contoh, bunga akan menghasilkan buah dan pada akhirnya menghasilkan biji.
Namun sebagian tumbuhan juga berbunga namun tidak untuk memperbanyak dirinya. Contoh tumbuhan yang terdapat bunga dan menghasilkan biji dan buah untuk memperbanyak diri adalah pohon mangga. Pada mangga yang sudah tua dan masak, kita bisa menanam mangga tersebut dan akan menjadi pohon mangga yang baru.
Berikut ini penjelasan bagian-bagian bunga dan fungsinya masing-masing:
Pada bunga, benang sari merupakan alat kelamin jantan tumbuhan. Benang sari akan menghasilkan serbuk sari. Benang sari akan jatuh pada kepala putik dan terjadi pembuahan/penyerbukan
2. Putik
Pada bagian bunga, putih sebagai alat kelamin betina tumbuhan. Jika serbuk sari yang berasal dari benang sari menempel pada kepala putik dan akan masuk ke dalam putik maka akan terjadi peristiwa penyerbukan.
3. Mahkota
Bentuk bunga yang menarik tergantung dari mahkotanya. Sebenarnya yang kita lihat pada bunga yang cantik itu sebenarnya adalah mahkota. Fungsi mahkota pada tumbuhan adalah untuk menarik serangga agar membantu penyerbukan pada bunga. Warna pada mahkota sangat mencolok. Dan pada bunga terdapat nektar atau madu yang biasa dihisap oleh serangga seperti kupu-kupu.
4. Kelopak bunga
Fungsi dari kelopak bunga adalah untuk melindungi mahkota bunga pada waktu sebelum mekar dan sesudah mahkota mekar. Selain itu kelopak berfungsi agar kedudukan bunga atau bagian-bagian bungat kokoh dan tidak mudah rusak seperti karena tiupan angin.
baca juga bunga sempurna dan bunga tidak sempurna
5. Tangkai bunga
Fungsi dari tangkai bunga adalah sebagai penghubung antara bunga dengan ranting pohon. Selain itu tangkai berfungsi sebagai penguat agar bunga tidak mudah patah dan tetap kuat menempel pada ranting pohon.
6. Tangkai putik
Tangkai putik berfungsi sebagai penghubung kepala putik dengan dasar bunga.
Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan selalu menjaga keindahan dengan tidak memetik bunga secara sembarangan yah!.
Rating: 4.5