Mendidik dengan Hati

Ciri ciri hewan mamalia dan contohnya

Adi-adik di SD kalau ditanya ciri-ciri hewan mamalia masih mengalami kesulitan. Yang mereka tahu hanya sebatas bahwa mamalia pasti menyusui anaknya. Kalau hewan yang tidak menyusui anaknya berarti bukan mamalia.
Ciri ciri hewan mamalia dan contohnya
kuda merupakan salah satu contoh hewan mamalia
Ciri-ciri hewan mamalia
1. Mempunyai kelenjar susu (untuk menyusui anaknya)
2. Mmiliki tulang belakang atau vertebrata.
3. Alat untuk bernapasnya adalah paru-paru.
4. Mamalia dapat berjalan seperti kambing, atau berenang seperti ikan paus, atau memengang sesuatu seperti monyet.
5. Jantung mamalia terdiri atas 2 bilik dan 2 serambi.
6. Mamalia berdarah panas.
7. Pada mamalia darat memiliki daun telinga
8. Pembuahan mamalia di dalam tubuh.
9. Proses perkawinannya secara seksual
10. Sistem syarafnya sudah kompleks.
Contoh hewan mamalia adalaha sapi, kerbau, kucing, kuda, kambing, dan lain-lain.
Pada artikel sebelumnya pak guru sudah membahas contoh hewan mamalia di darat maupun di laut. apakah kalian sudah bisa menyebutkan hewannya? Buka aja link tersebut yah.
Contoh hewan mamalia herbivora atau mamalia yang memakan rumput adalah kambing, kerbau, sapi, domba, kelinci, rusa, dan lain lain.
Contoh binatang mamalia karnivora atau mamalia pemakan daging adalah harimau, singa, citah, anjing hutan, kucing hutan,  dan lain-lain.
Contoh hewan mamalia omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan adalah kera, kucing rumahan, anjing peliharaan, dan kelelawar.
Apakah setiap hari kamu memakan daging mamalia seperti daging kerbau atau sapi atau kambing? bagaimana rasanya? Rasanya sangat sedap, apalagi kalau sate kambing kesukaan pak guru. Jadi manfaat hewan mamalia jenis herbivora bagi manusia adalah bisa sebagai sumber makanan atau energi.
Itulah penjelasan ciri-ciri hewan mamalia yang ada di sekitar kita. Sudah paham? Jika masih kurang paham bisa berkomentar di bawah ini yah.
Rating: 4.5