Mendidik dengan Hati

Ciri-ciri kucing hamil dan perawatannya

Ciri-ciri kucing hamil. Ketika melihat kucing kita hamil, kita akan merasa sangat bahagia. Apalagi kalau kita memelihara kucing jenis kucing hias yang harganya fantastis. Pasti kita akan menunggu nunggu kelahirannya. Berikut ini akan kami ulas ciri-ciri kucing hamil yang kami himpun dari beberapa sumber:
Ciri ciri kucing hamil dan perawatannya
kucing yang sedang hamil
Kita lihat dari perubahan fisik kucing dan tingkah lakunya:
a. Perut kucing mulai membesar
Perut kucing akan mulai kelihatan besar setelah usia kehamilan 3 atau 4 minggu. Perut akan semakin besar sampai menjelang kelahiran.
b. Puting susu memerah dan besar. Seiring dengan perut yang semakin besar, maka puting kucing akan terlihat membesar dan kemerahan.
c. Bulu di sekitar puting kucing akan merontok atau menipis. Pokoknya akan terlihat jelas putingnya.
d. Muntah. Biasanya di awal minggu pertama kucing akan muntah, sama halnya dengan manusia. Tapi dalam hal muntah di kucing jarang terjadi.
e. Nafsu makan kucing akan meningkat seiring dengan membesarnya perut kucing. Jangan lupa untuk memberikan kucing dengan makanan yang berkualitas dan juga pemberian air jangan telat.
f. Kucing akan lebih sering terlihat tenang dan diam atau juga lebih banyak tidur. Mungkin kalau istilah orangnya adalah banyak istirahat daripada mainnya.
g. tanda tanda di atas sudah mencukupi atau cukup untuk mengenali kucing kita yang sedang hamil. Kalau yang sudah berpengalaman dalam memelihara kucing pasti akan tahu kucing yang sedang hamil atau bagaimana. Untuk lebih pastinya anda bisa tanyakan kepada orang yang sudah biasa memelihara kucing atau ke dokter hewan untuk mengecek apakah kucing anda sedang hamil atau tidak.

Cara merawat kucingyang sedang hamil
a.Memberikan makanan yang baik. Anda bisa memberi makan kucing yang tinggi protein dan juga vitamin. Untuk protein biasanya dengan memberikan ikan segar. Untuk vitamin bisa anda beli khusus vitamin kucing yang bentuknya cair atau kapsul
b. Menjaga kandang kucing agar bebas dari penyakit. Sebagai pencegahan penyakit ketika hamil. Kandang harus lebih intensif dibersihkan setiap hari.
c. sebaiknya kucing tidak keluar rumah atau pengumbarannya di dalam rumah saja. Ini bertujuan agar tidak tertular dari kucing di luar rumah.
d. tidak memandikan kucing terlebih dahulu, untuk menghindari keguguran.
e. jangan sering di ajak bermain, resiko ini akan mengakibatkan keguguran.
f. makanan dan minuman kucing jangan sampai telat.
g. kandang harus lebih hangat, misalnya diberikan kain atau lampu penghangat ruangan.
Rating: 4.5