Mendidik dengan Hati

Ciri-ciri makhluk hidup hewan dan tumbuhan

Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, memerlukan nutrisi, reproduksi, tumbuh dan berkembang, adaptasi, respirasi, ekskresi, dan iritabilita.
Untuk lebih jelas mengenai satu persatu ciri-ciri makhluk hidup simak berikut ini:
  1. Bergerak.
Dikatakan bergerak jika makhluk hidup tersebut mengalami perubahan posisi dari titik acuannya. Misalnya anak berlari, ikan berenang, bebek berenang, burung terbang, dan lain sebagainya. Kalau pada tumbuhan contohnya adalah bagian tertentu pada tumbuhan tumbuh menuju arah sinar matahari dan akar tumbuh semakin ke bawah karena pengaruh gaya tarik atau gravitasi bumi.
  1. Membutuhkan nutrisi atau makanan
Makanan merupaka sumber engergi. Tanpa makanan semua makhluk hidup tidak bisa bertahan. Cara makhluk hidup dalam memperoleh makanannya berbeda-beda. Ada makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri seperti tumbuhan. Sedangkan makhluk hidup seperti manusia dan hewan memperoleh nutrisinya dari makhluk hidup lain.
  1. Bernapas (respirasi)
Saat kita bernapas menghidup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Sedangkan pada tumbuhan mengeluarkan oksigen dan menghidup karbon dioksida. Manusia dan hewan mamalia bernapas menggunakan paru-paru. Ikan bernapas menggunakan insang. Tumbuhan bernapas pada seluruh bagian tumbuhan seperti pada daun (melalui stomata) dan pada batang (lentisel). Pada mamalia laut seperti lumba-lumba dan ikan paus bernapas menggunakan paru-paru sehingga setiap beberapa menit kedua jenis mamalia tersebut selalu muncul ke permukaan.
  1. Tumbuh dan berkembang.
Ciri-ciri makhluk hidup tumbuh adalah waktu SD kelas 6 tinggi seorang anak 150 cm. Pada saat SMP kelas 9 tingginya mencapai 160 cm. Pertumbuhan adalah bertambanya berat dan jumlah kering sel makhluk hidup yang tidak bisa kembali ke bentuk awal.
Perkembangan adalah proses kedewasaan. Waktu masih kecil kalian suka menangis atau cengeng. Sekarang sudah tidak menangis lagi. Dewasa juga bisa lebih bisa menangani masalah seperti pandai menganalisis dan berpikiran lebih baik.
  1. Berkembang biak
Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup berkembang biak. Sifat induk akan menurun kepada anaknya. Pada makhluk hidup mamalia berkembang biak dengan beranak. Pada hewan seperti unggas dan selain mamalia berkembang biak dengan cara bertelur. Pada proses perkembang biakan makhluk hidup ada dua cara yaitu secara kawin dan tidak kawin.
  1. Beradaptasi
Pengertian adaptasi ialah kemampuan makhluk hidup untuk bertahan hidup dengan cara menyesuaikan dengan keadaan lingkungan. Misalnya pada hewan onta untuk menghindari dehidrasi, onta menyimpan cadangan air pada punuk, bawah leher dan perut. Pada saat sekali minum, seeokor unta dapa habis 70 liter air. Pada tumbuhan kaktus memiliki daun yang menyerupai jarum agar menghemat penguapan air.
  1. Menanggapi rangsangan (iritabilita)
Ciri-ciri makhluk hidup menanggapi rangsang contohnya adalah tumbuhan selalu tumbuh menuju datangnya sinar matahari.
  1. Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
Ciri-ciri makhluk hidup yang terakhir adalah mengeluarkan zat sisa. Contohnya pada saat pagi-pagi pasti kamu buang air besar dan buang air kecil. Kedua kotoran tersebut merupakan hasil dari proses metabolisme dan sisa pencernaan. Jika sisa-sisa makanan tidak dikeluarkan dari dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit. Oleh karena itu kamu jangan menahan buang air besar maupun kecil.
Rating: 4.5