Mendidik dengan Hati

Contoh Hukum I, 2, 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari

Berikut penjelasan contoh hukum newton i, ii, dan iii dan penjelasannya. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkaitan dengan ketiga hukum tersebut. Pada waktu di rumah, di perjalanan dan di sekolah ada peristiwa tersebut.

contoh hukum 3 newton
Contoh hukum 1 newton.

Hukum 1 newton ini berkaitan dengan sifat kelembaman suatu benda. Artinya setiap benda cenderung mempertahankan kedudukannya. Ada yang mengatakan bahwa benda cenderung malas untuk bergerak. Berikut contoh hukum pertama newton:

1. Pada saat kita mengerem sepeda motor atau sepeda, tubuh kita akan terdorong ke depan.

2. Pada saat kita menginjak gas mobil atau memutar gas motor maka tubuh kita akan terdorong ke belakang.

 

Contoh hukum 2 Newton

Hukum kedua newton ini berkaitan dengan benda dalam keadaan bergerak. Massa benda dan gaya yang diberikan kepada benda diperhitungkan. Contohnya sebagai berikut:

1. Orang mendorong gerobak bakso dengan kekuatan tertentu dan gerobak tersebut akan berjalan dengan percepatan tertentu.

2. Mobil yang sedang bergerak dengan massa mobil 1 ton kemudian bergerak dengan percepatan 1 m/s2.

 Contoh hukum 3 Newton

Hukum 3 Newton ini berkaitan dengan gaya aksi dan reaksi. Artinya benda yang kita berikan gaya akan menimbulkan reaksi terhadap kita. Contohnya sebagai berikut:

1. Saat kita mendayung perahu, kita mendayung ke arah belakang kemudian perahu tersebut akan bergerak ke depan akibat gaya yang kita berikan kepada air dengan menggunakan dayung.

2. Pada roket air, tekanan air yang mengandung detergen dalam keadaan tinggi. Ketika tutup roket air di buka maka air tersebut akan menyembur ke bawah sehingga mendorong roket ke atas.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh hukum 1, 2, dan 3 Newton.
Rating: 4.5