Mendidik dengan Hati

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis

Faktor apa saja yang mempengaruhi proses fotosintesis tumbuhan? Ada dua hal yang bisa mempengaruhi yaitu faktor dalam (internal) dan faktor luar (eksternal).
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis


Berikut penjelasan lengkap faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis:
1. Cahaya matahari.
Jika pada malam hari, tentu tumbuhan beristirahat tidak melakukan fotosintesis. Pada cuaca yang mendung, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis secara maksimal karena kurangnya cahaya matahari. Sebaliknya pada cuaca yang cerah, tumbuhan bisa maksimal melakukan fotosintesis.
2. Jumlah air.
Jika pada waktu musim kemarau, tumbuhan menghemat proses fotosintesis. Pada musim kemarau tumbuhan bisa memanfaatkan cadangan makanannya yang tersimpad pada akar dan batang. Sebaliknya pada musim hujan, tumbuhan bisa maksimal melakukan fotosintesis karena jumlah air melimpah.
baca proses dan reaksi fotosintesis pada tumbuhan
3. Suhu lingkungan.
Tumbuhan melakukan fotosintesis secara maksimal pada saat suhu tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu panas. Jika terlalu tinggi maka tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis karena enzim tumbuhan yang berperan pada fotosintesis rusak.
4. Jumlah CO2 (gas karbondioksida).
Jika karbon dioksida tersedia dalam jumlah banyak, maka fotosintesis bisa maksimal karena gas ini menjadi bahan bakunya.
5. Jumlah klorofil.
Klorofil sangat berpengaruh terhadap hasil fotosintesis. Mengapa demikian? Semakin banyak jumlah klorofil pada suatu tumbuhan maka semakin efektif proses fotosintesis. Ada daun yang sudah tua tidak bisa melakukan fotosintesis dengan baik karena klorofilnya mengalami perombakan. Selain itu kloroplas pada daun tuan fungsinya tidak efektif lagi.
Demikian penjelasan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis pada tumbuhan. Bagi yang masih kurang jelas bisa berkomentar di bawah ini:
Rating: 4.5