Mendidik dengan Hati

Gangguan pada sistem pernapasan manusia

Gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia. Bernapas merupakan aktivitas kita tiap saat dan tiap detik. Nah apa yang terjadi jika organ pernapasan kita mengalami gangguan? Tentunya kita akan sulit bernapas.
Contohnya saja pada waktu kalian pilek. Pada waktu pilek kadang salah satu lubang hidung kita mampet. Bahkan yang lebih parah lagi kedua hidung kita mampet oleh ingus. Rasanya sesak dan sulit bernapas bukan? Berikut ini beberapa contoh penyakit atau gangguan pada sistem pernapasan manusia.
1. Flu (pilek)
Penyakit flu atau pilek merupakan penyakit yang sering balik lagi pada tubuh kita. Penularannya sangat mudah yaitu bisa lewat udara tau barang yang pernah terentuh oleh ingus penderita flu. Flu sering menyebabkan pusing, sakit kepala, hidung mampet, dan badan akan panas. Siapa yang kondisi badannya tidak bagus maka mudah terserang flu.
2. Emfisema
Adalah penyakit pada paru-paru yang mengalami pembengkakan karena pembuluh darah pada paru-paru termasuki oleh udara.
3. Asma
Penyakit ini tandanya adalah sesak napas. Penyebabnya adalah penyumbatan pada saluran pernapasan seperti oleh debu, rambut, dan bulu. Pada keadaan dingin, yang punya penyakit asma biasanya mudah kambuh.
4. Kanker paru-paru
Kalau sudah kanker tentu sangat berbahaya. Yang bisa menyebabkan kanker paru-paru ini bisa dari rokok dan minuman keras.
5. Tuberkulosis (TBC)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium ruberculosis. Bakteri tersebut akan menimbulkan bintil-bintil di dinding alveolus dan paru-paru akan mengecil. Pada penderita ini mudah merasakan capek dengan napas yang terengah-engah.
6. Bronkhitis
Penyakit ini terjadi akbibat cabang batang tenggorokan mengalami infeksi. Penderita akan mengalami sesak napas dan demam.
Demikianlah penjelasan dari beberapa penyakit atau gangguan pada sistem pernapasan manusia. untuk menghindari penyakit tersebut kita harus rajin berolahraga, menghindari minuman keras dan rokok, dan selalu jaga pola makan dan aktivitas yang sehat.
Rating: 4.5