Mendidik dengan Hati

Gaya magnet, gaya pegas, dan gaya gravitasi

Pak guru akan menjelaskan pengertian gaya magnet, dan pengertian gaya gravitasi, dan pengertian gaya pegas, serta contohnya masing-masing dari ketiga gaya tersebut.


arah garis gaya magnet
Pengertian gaya gravitasi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik bumi yang arahnya menuju pusat bumi. Tanpa ada gaya gravitasi bumi tentu kita tidak akan bisa hidup. Coba kalian bayangkan, semua benda akan melayang di udara, tanah, batuan, pohon, dan manusia akan melayang. Dengan adanya gaya gravitasi bumi, semua benda akan jatuh ke permukaan bumi.
Adanya gaya gravitasi bumi merupakan tanda kebesaran Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta. Gaya gravitasi bumi juga berpengaruh terhadap bulan. Akibat gaya tarik bumi yang besar, bulan akan selalu mengikuti bumi selamanya.
contoh gaya gravitasi adalah semua buah yang telah masak di pohon akan jatuh ke tanah (permukaan bumi). Kita jatuh dari motor pun akan jatuh ke tanah juga.

Pengertian gaya magnet adalah gaya yang diakibatkan oleh magnet. Daerah yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet disebut dengan medan magnet. Contoh gaya magnet adalah pada saat kita meletakan jarum di dekat magnet, maka jarum tersebut akan tertarik oleh magnet.
Pemanfaatan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari adalah pada alat untuk menyaring besi dengan plastik di pabrik.

Pengertian gaya pegas adalah gaya yang diakibatkan oleh pegas yang bekerja pada suatu benda. Contoh gaya pegas adalah pada kendaraan terdapat pegas atau shockbreaker untuk mengurangi guncangan, pada saat kita menarik ketapel, pada saat kita menarik busur panah.
Rating: 4.5