Mendidik dengan Hati

Hukum pembiasan cahaya Snellius dan contoh pembiasan cahaya

Pak guru akan menjelaskan pengertian pembiasan cahaya Snellius, hukum pembiasan cahaya, dan contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari. Istilah lain dari pembiasan dalam fisika adalah refraksi.
Hukum pembiasan cahaya dan contoh pembiasan cahaya
Pengertian pembiasan cahaya adalah peristiwa pembelokan berkas cahaya yang melewati suatu medium karena medium yang dilewati memiliki kerapatan optik yang berbeda. Misalnya cahaya melewati udara kemudian melewati air. Cahaya tersebut akan dibelokan. Contoh lain yang mudah kita amati adalah pada saat kita meletakan pensil atau pulpen pada gelas bening yang berisi air. Kita lihat bahwa pensil atau pulpen akan terlihat bengkok.

Pensil tersebut bisa diibaratkan berkas cahaya dari medium udara memasuki medium air akan dibelokan. Kalian paham kan?
Hukum pembiasan cahaya:
Orang yang pertama kali melakukan eksperimen tentang pembiasan cahaya adalah Snellius. Beliau menyelidiki sifat-sifat pembiasan cahaya. Berikut hukum pembiasan cahaya dari pak Snellius:
1.      Garis normal, sinar datang, dan sinar bias terletak pada satu bidang.

2.      Perbandingan dari sinus sudut datang (i) dengan sinus sudut bias (r) mempunyai nilai yang tetap dan disebut sebagai indeks bias.
Lebih singkatnya hukum pembiasan cahaya ditulis dengan persamaan sebagai berikut:
Sin i n1 = sin r n2
i = sudut datang
r = sudut bias
n1 = indeks bias medium pertama
n2 = indeks bias medium kedua
Contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah:
1. air pada kolam yang dalam akan terlihat dangkal.
2. pensil di dalam gelas berisi air akan terlihat bengkok.
3. Warna-warna pada pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya matahari yang melewati titik-titik air.

Contoh soal menggunakan hukum pembiasan cahaya:
Sebuah berkas cahaya datang dari udara melewati sebuah kaca plan paralel. Indeks bias udara adalah 1 dan sudut datang yang terbentuk adalah 450. Berapakah indeks bias kaca plan paralel tersebut?
diketahui: i = 450; n1 = 1; r = 300
yang ditanya; n2 ...?
jawab: Sin i n1 = sin r n2
sin 450 1 = sin 300 n2
n2 = 1,4
indeks bias pada kaca paralel adalah 1,4.

Info tambahan:
Menjauhi garis normal
Apabila berkas cahaya berasal dari medium yang lebih rapat optiknya (memiliki indeks bias lebih tinggi) kemudian melewati medium yang kurang rapat (indeks bias lebih kecil) maka berkas cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal.
Mendekati garis normal
Apabila berkas cahaya berasal dari medium yang kurang rapat optiknya menuju medium yang lebih rapat optiknya maka berkas cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal.
Demikianlah penjelasan mengenai hukum pembiasan cahaya. Ternyata dalam kehidupan sehari-hari kita sering berkaitan dengan pembiasan cahaya.
Rating: 4.5