Mendidik dengan Hati

Jenis-jenis awan dan pengertiannya.

Pak guru akan menjelaskan pengertian awan dan jenis-jenis awan. Pada saat siang hari, kita melihat pemandangan indah di langit yang dihiasi dengan berbagai macam bentuk awan. Pengertian awan adalah kumpulan dari tetesan air akibat peristiwa pengembunan yang terjadi di atmosfer bumi setelah titi-titik air tersebut melebihi keadaan jenuh.
Jenis-jenis awan dan pengertiannya.
 Awan Cumulonimbus yang bisa menyebabkan kecelakaan pada pesawat terbang
Secara sederhananya, awan terbentuk dari penguapan air dari dari bumi yakni dari laut, danau, dan sungat kemudian mengalami pendinginan di atmosfer pada suhu tertentu dan terbentuk tetesan air atau kristal es.
Jenis-jenis awan berdasarkan dari ketinggian awan yang rendah:
1. Awan Stratokumulus
Bentuk awan ini seperti gelombang di laut, tidak terjadi hujan, dan lapisan awannya tipis.
2. Awan Stratus
Tinggi awan stratus dari permukaan bumi adalah sekitar 2000 meter. Lapisan pada awan ini berlapis-lapis dan mirip dengan kabut.
3. Awan Nimbostratus
Ciri-ciri awan ini adalah pada saat sebelum hujan yang berwarna gelap, terjadi gerimis.
Jenis-jenis awan berdasarkan arah perkembangannya yang vertikal:
1. Awan Cumulus
awan ini sering kita lihat pada saat terik matahari sekitar jam 11 siang sampai dengan jam 13 siang. Bentuk dari awan cumulus adalah bentuk gumapaln yang tebal dan semakin meninggi, warna yang putih bersih, bentuknya seperti gumpalan kapas, berada pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut atau bumi yang datar.
2. Awan Cumulonimbus
Awan ini banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan di udara. Seperti pesawat air asia yang mengalami turbulensi dan laju pesawat tidak terkendali lagi. Ciri-ciri awan ini adalah berwarna putih atau gelap, berada pada ketinggian 1000 kaki sampai 3500 kaki, dan pada awan ini sering terjadi petir dan hujan yang deras sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan pada pesawat.
Jenis-jenis awan berdasarkan dari bentuknya:
1. Awan cumulus
Ciri-ciri dari awan cumulus adalah berwarna putih, mengandung kristal es, berada pada ketinggian 5000 meter, dan awan ini sering muncul pada musim kemarau namun tidk menyebabkan terjadinya hujan.
2. Awan Stratus
Awan ini terlihat seperti awan yang pecah-pecah. Awan stratus tidak mengembang vertikal ke atas namun melebar dan tipis.
3. Awan sirus/ cirus
Warna awan ini adalah putih bersih. Ketinggian dari awan ini sekitar 5 km dari permukaan bumi. Pada awan ini suhunya sangat dingin dan terdapat kristal es.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian awan dan jenis-jenis awan yang biasa dipelajari di mata pelajaran geografi.
Rating: 4.5