Mendidik dengan Hati

Macam-macam bioma dan pengertiannya

Sebelum menjelaskan macam-macam bioma, pak guru akan menjelaskan pengertian bioma terlebih dahulu. Bioma adalah suatu daerah yang memiliki iklim atau geografis yang sama sehingga tumbuhan dan hewan yang tinggal di daerah tersebut mempunyai ciri khas yang berbeda dengan tempat yang lain. Jadi dalam suatu bioma terdapat hewan, tumbuhan, dan organisme tanaha yang sudah beradaptasi dengan daerah tersebut.
Macam-macam bioma dan pengertiannya
beruang kutub hidup di daerah bioma tundra
 Hal yang mempengaruhi bioma antara lain adalah rerumputan, semak, pohon, jenis daun, iklim, dan jarak antar tumbuhan. Contoh suatu bioma adalah kita lihat beruang kutub, beruang kutub hanya ada di wilayah kutub utara. Kaktus banyak kita temukan di daerah gurun, bukan di daerah hutan hujan tropis maupun di wilayah kutub.
Kaktus sudah beradaptasi dengan lingkungan gurun dengan daunnya seperti duri yang bertujuan untuk mengurangi penguapan air.
Jadi ciri-ciri bioma sebagai berikut:
1. Mudah dikenali dari dominasi vegetasinya
2. komunitas yang stabil
3. merupakan kumpulan dari populasi
4. nama bioma diambil dari vegetasi yang mendominasi daerah tersebut.
Macam-macam bioma adalah bioma tundra, bioma padang gurun, bioma padang rumput, bioma hutan gugur, bioma mangrove, bioma sabana, dan bioma hutan hujan tropis.
1. Bioma tundra
Bioma tundra ini terdapat di wilayah kutub utara. Disana hidup beruang kutub, rusa kutub, dan daerah bersalju.
2. Bioma padang gurun / padang pasir
Bioma ini termasuk bioma yang kering dengan curah hujan yang sangat sedikit. Kalau siang hari, suhunya sangat panas sedangkan kalau malam hari suhunya sangat dingin. Biasa dikenal dengan suhu yang ekstrim. Bioma ini didominasi oleh tumbuhan kering seperti kaktus dan akasia.
3. Bioma padang rumput / stepa
Indonesia juga memiliki stepa di daerah pulai Sumba, Nusa Tenggara Timur. Bioma stepa banyak didominasi oleh rerumputan sehingga baik untuk mengembangbiakan hewan ternak seperti sapi, domba, dan kuda.
4. Bioma sabana
Bioma sabanan adalah padang rumput yang diselingi dengan semak dan juga kayu. Sabana yang terbesar terdapat di Afrika. Tempat dimana singa, gajah, zebra dan lainnya tinggal disana.
5. Bioma hutan hujan tropis
Bioma hutan hujan tropis ini banyak terdapat di Indonesia. Daerah ini banyak menerima air hujan. Hutan hujan tropis banyak terdapat di daerah Kalimantan dan Sumatra. Di dalam bioma ini paling banyak jenis tumbuhan dan hewan yang tinggal di dalamnya.
6. Bioma hutan musim tropis
Bioma ini terletak di wilayah yang mempunyai dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan seperti di Indonesia. Contoh hutan gugur adalah kawasan hutan jati.
6. Bioma hutan gugur
Bioma ini banyak terdapat di wilayah eropa, amerika, dan asia timur. Di waktu musim dingin, hutan ini menggugurkan daunnya.
7. Bioma mangrove
Bioma ini didominasi oleh tanaman mangrove yang tersebari di daerah pantai. Fungsi dari mangrove adalah mencegah abrasi dari air laut.
Demikian penjelasan mengenai macam-macam bioma. Ingat selalu menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Kita sekolah sudah lama, jadi jangan sampai membuang sampah masih sembarangan!
Rating: 4.5