Mendidik dengan Hati

Pengertian besaran pokok dan besaran turunan

Pak guru akan menjelaskan pengertian besaran pokok, pengertian besaran turunan, contoh besaran pokok dan contoh besaran turunan.
Pengertian besaran pokok adalah besaran yang tidak bergantung pada besaran lain (berdiri sendiri).
Yang termasuk besaran pokok adalah panjang, massa waktu,
Pengertian besaran pokok dan besaran turunan
contoh besaran turunan
Berikut 7 besaran pokok
Besaran pokok
satuan
Simbol
Panjang
meter
m
Massa
kilogram
kg
Waktu
sekon
s
Kuat arus listrik
ampere
a
Jumlah zat
mol
mol
Intensitas cahaya
kandela
cd
Suhu
Kelvin
K

Pengertian besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Contonya adalah luas. Luas berasal dari besaran pokok yaitu panjang yang dikuadratkan. Satuan internasional dari panjang adalah meter yang disimbolkan dengan m. Sedangkan satuan dari luas adalah meter persegi (  
m2).
Luas dari besaran panjang:
Luas = panjang x lebar
Luas = besaran panjang x besaran panjang
Luas = meter x meter
Luas = m2

Contoh lain adalah kecepatan. Kecepatan itu sendiri perpindahan yang ditempuh oleh suatu benda tiap waktu. Satuan dari perpindahan adalah meter dan satuan dari waktu adalah sekon. Sehingga kecepatan berasal dari dua besaran pokok yaitu panjang dan waktu.
Contoh besaran turunan lainnya adalah volume, tekanan, gaya, percepatan, momentum, usaha, energi, dan lainnya.
Besar satuan dari besaran turunan diambil dari besaran pokok misalnya satuan volume adalah meter kubik yang artinya meter dipangkatkan demgan tiga. Namun ada juga satuan besaran turuna diambil dari nama penemunya, contohnya adalah satuan dari tekanan adalah pascal. Yang menemukan tentang persaan dari tekanan adalah Pascal. Seperti halnya dengan satuan aya adalah Newton yang diambil dari nama penemunya yaitu Sir Issac Newton berkebangsaan Inggris.
Rating: 4.5