Mendidik dengan Hati

Pengertian gaya gravitasi dan gaya berat

Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat, contoh gaya gravitasi, dan contoh gaya berat suatu benda.
Pengertian gaya gravitasi dan gaya berat
Pengertian gaya gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik benda menuju pusat benda tersebut. Jadi kalau gaya gravitasi bumi adalah gaya tarik yang sebabkan oleh bumi yang arahnya menuju pusat bumi. Jadi penyebab buah kelapa dan buah mangga jatuh dari pohonnya adalah karena gaya gravitasi bumi. Bagaimana seandainya tidak ada gaya gravitasi bumi? Akan berakibat tidak ada kehidupan di bumi ini.
Besarnya gaya gravitasi bumi bergantung dari ketinggian tempat. Misalnya di daerah pegunungan dengan daerah di dataran rendah seperti pantai memiliki gaya gravitasi yang berbeda? Yang manakah yang memiliki gravitasi lebih besar? Tentu yang memiliki ketinggian lebih rendah memiliki gaya gravitasi yang lebih besar. Dan pada tempat yang tinggi memiliki gaya gravitasi yang lebih kecil
gaya gravitasi berkaitan dengan percapatan gravitasi. Percepatan gravitasi adalah jarak yang ditempuh suatu benda yang jatuh tiap sekon kuadrat. Besar dari percepatan gravitasi bumi 9,8 m/s2 dan biasa dibulatkan menjadi 10 m/s2. Gaya gravitasi saling berkaitan erat dengan gaya berat. Karena berat benda itu sendiri dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang akan saya jelaskan berikut ini:

Pengertian gaya berat adalah gaya yang bekerja pada suatu benda karena pengaruh dari jumlah massa dan gravitasi bumi. Ada juga yang mengatakan bahwa gaya berat adalah besar gaya gravitasi yang bekerja pada suatu benda. Persamaan atau rumus gaya berat sebagai berikut:
W = mg
W = gaya berat satuannya newton (N)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi bumi (10 m/s2)
arah dari gaya berat benda adalah munuju pusat bumi. Simbol W pada berat benda berasal dari bahasa Inggris yaitu Weight.
Sebuah kelapa jatuh dari pohonnya. Ternyata setelah ditimbang massa kelapa adalah 2 kg. Berapakah berat kelapa?
Jawab:
m = 2 kg
g = 10 m/s2
W = mg
W = 2 kg . 10 m/s2
W = 20 N
Jadi berat kelapa tersebut adalah 20 newton.
Perbedaan berat dengan massa
Owh ya dalam kehidupan sehari-hari ada yang sering bertanya, “berapa berat kamu?” tentu kita akan menjawab 50 kg. Ternyata di dalam fisika antara berat dengan massa itu berbeda. Kalau berat itu massa yang dipengaruhi oleh gaya tarik bumi sedangkan massa adalah jumlah materi atau zat yang diterdapat pada suatu benda.
Demikianlah penjelasan pak guru mengenai pengertian gaya berat dengan pengertian gaya gravitasi. Kalau ada yang belum jelas, silahkan kalian bertanya melalui komentar di bawah ini:
Rating: 4.5