Mendidik dengan Hati

Pengertian konduksi, konveksi, dan radiasi

Pak guru akan menjelaskan pengertian konduksi, pengertian konveksi, dan pengertian radiasi. Selain itu masing-masing contoh konduksi, contok konveksi, dan contoh radiasi.
Pengertian konduksi, konveksi, dan radiasi
Pengertian konduksi adalah peristiwa merambatnya kalor melalui perantara tanpa disertai dengan berpindahnya zat perantara tersebut. Contoh konduksi adalah saat kita memanaskan besi maka ujung besi ikut panas. Contoh lainnya adalah pada saat kita membuat teh atau kopi panas, sendok yang untuk mengaduk juga akan ikut panas.

Pengertian konveksi adalah peristiwa merambatnya kalor yang disertai dengan berpindahnya zat perantara tersebut. Contoh konveksi adalah pada saat kita memasak air. Pada bagian air akan panas dahulu kemudian air yang sudah panas akan naik lemudian digantikan dengan air yang masih kurang panas yang letaknya di bagian atas yang sudah panas.

Pengertian radiasi adalah peristiwa perpindahan kalor tanpa disertai dengan zat perantara. Contoh radiasi adalah panas sinar matahari yang sampai ke bumi, pada saat kita berada di dekat api unggun akan terasa hangat.
Rating: 4.5