Mendidik dengan Hati

Pengertian konduktor dan isolator beserta contohnya

Pak guru ipa akan menjelaskan pengertian konduktor dan isolator beserta contohnya. Konduktor adalah suatu bahan atau zat yang bisa menghantarkan listrik atau panas (kalor) dengan baik. Contoh bahan konduktor di dapur adalah wajan dari alumunium dan berbagai alat dari besi.
Contoh konduktor pada alat-alat listrik adalah tembaga. Mengapa kabel listri memakai tembaga? Karena logam tembaga sangat mudah menghantarkan listrik dan mempunyai hambatan atau resistensi yang kecil sehingga arus listri dapat mengalir dengan baik. Bahan lainnya yang termasuk konduktor adalah baja, besi, tembaga, emas, perak, kuningan.
Pengertian isolator adalah suatu zat atau bahan yang tidak bisa menghantarkan panas maupun listrik. Contoh isolator yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari adalah gagang pemegang panci yang dilapisi dengan plastik agar tidak panas pada saat kita memegangnya. Contoh lai pada listrik adalah kabel tembaga dilapisi dengan bahan karet sehingga kita tidak tersengat listrik. Contoh bahan isolator adalah plastik, karet, dan kayu.
Hati-hati dengan knalpot tanpa pelindung. Karena knalpot motor terbuat dari bahan campuran besi dan alumunium, maka pada motor yang telah dipakai akan panas dan knalpot juga akan panas sekali. Mengapa knalpot dapat panas? Karena knalpot juga termasuk ke dalam konduktor yang baik.
Rating: 4.5