Mendidik dengan Hati

Pengertian perubahan fisika dan perubahan kimia

Berikut penjelasan pengertian perubahan fisika dan perubahan kimia, contoh perubahan fisika dan contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Pengertian perubahan kimia adalah perubahan wujud suatu benda yang tidak bisa kembali ke bentuk semula. Contohnya adalah kertas yang dibakar. Kertas tersebut akan menjadi abu. Dan abu tersebut tidak bisa kembali menjadi kertas lagi. Contoh lain perubahan kimia adalah kayu yang dibakar menjadi abu.
Pada benda yang mengalami perubahan kimia, selain bentuknya berubah, volumenya dan massanya juga berubah.Dari benda yang tadinya berat menjadi ringan. dari benda yang tadinya besar menjadi kecil.
Pengertian perubahan fisika adalah suatu perubahan yang dialami oleh suatu benda yang dapat kembali ke bentuk semula. Contohnya adalah air yang dimasukan ke dalam kulkas akan menjadi es batu. Setelah itu es batu akan mencair dan menjadi es kembali. Contoh perubahan fisika lainnya adalah lilin yang dibakar atau dipanaskan. Pada sisa lilin dibakar ternyata masih ada sisa lilin yang meleleh di sekitarnya.
Pada benda yang mengalami perubahan fisika, benda tersebut tida mengalami perubahan volume. Contohya pada air yang dibekukan setelah mencair volumenya juga tetap.
Demikianlah pembahasan pengertian perubahan fisika dan perubahan kimia. Ternyata fisika sangat erat dalam kehidupan sehari-hari kita bukan?
Rating: 4.5