Mendidik dengan Hati

Penyebab pencemaran tanah dan dampaknya bagi lingkungan

Penyebab pencemaran tanah adalah limbah atau sampah rumah tangga seperti plastik, kaleng, botol makanan, pecahan kaca, karet sintesis. Selain limbah rumah tangga ada limbah pabrik yang dibuang ke daratan seperti limbah air olahan pabrik. Air tersebut akan mengotori tanah dan menyebabkan tanah menjadi tandus dan tidak bisa ditumbuhi tanaman.
Penyebab pencemaran tanah dan dampaknya bagi lingkungan
tumpukan sampah di atas tanah
Disisi lain para petani yang masih suka menggunakan pupuk buatan dan juga pestisida sebenarnya dapat mencemari tanah. Mereka tidak sadah bahwa menaburkan pupuk non organik dapat merusak struktur tanah.
Limbah plastik, kaleng, botol, kaca, kaleng, dan keramik merupakan limbah yang sukar hancur. Limbah tersebut sukar terurai. Karena si mikrobanyapun tidak doyan makan plastik kan? Coba kalau di tanah di kasih uang, pasti mikroba atau bakterinya bisa makan uang. Buktinya kalau kamu meletakkan uang kertas pada tanah, pasti lama-kelamaan akan hancur dan hilang. Sama seperti pak guru juga doyan uang hahaha.
baca juga penyebab pencemaran sungai dan laut
Limbah-limbah dari industri, rumah tangga, dan sisa pertanian dapat membahayakan organisme yang hidup ditanah seperti cacing tanah dan bakteri. Kedua organisme tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesuburan tanah. Jika tanahnya subur, maka tanamanpun juga ikut tumbuh subur.
Kegiatan penambangan seperti tambang batu bara, minyak bumi, dan logam-logam seperti emas juga bisa mencemari tanah. Cara yang paling mudah untuk memisahkan emas dengan logam yang lainnya adalah merkuri (Hg). Merkuri sangat berbahaya bagi kehidupan organisme dan kesuburan tanah. Tanah akan menjadi tandus, kering, tida bisa ditumbuhi tanaman.
Jadi kesimpulan dari penyebab pencemaran tanah adalah sebagai berikut:
1. Limbah keluarga
2. Limbah pabrik
3. Limbah pertanian
4. Limbah pertambangan.
Dampak pencemaran tanah:
1. Kesuburan tanah menjadi hilang
2. Rusaknya kehidupan organisme yang hidup di dalam tanah
3. Tanaman tidak dapat tumbuh subur.
4. Ekosistem akan terganggu karena semakin sedikit rumput yang tumbuh sehingga hewan pemakan rumput kesulitan untuk mendapatkan rumput.
Demikianlah penjelasan yang pak guru ipa dapat sampaikan mengenai penyebab pencemaran tanah dan dampak pencemaran tanah. Pak guru berpesan kepada kalian agar bisa menjaga tanah tetap subur. Caranya sangat mudah. Cukup dengan membuang sampah pada tempatnya setiap hari.
Rating: 4.5