Mendidik dengan Hati

Peristiwa El Nino dan peristiwa La Nina.

Peristiwa el nino dan la nina merupakan dampak dari perubahan iklim global. El Nino menyebabkan kekeringan di Australia dan Indonesia sedangkan La Nina menyababkan musim hujan di Australia dan Indonesia.
Peristiwa El Nino
Peristiwa El Nino dan peristiwa La Nina.
kekeringan di Indonesia akibat badai El Nino
Peristiwa El Nino terjadi sekali setiap dua tahun sampai dengan tujuh tahun. Perairan samudra Pasifik, mulai dari samudra Pasifik bagian tengah sampai dengan pantai Peru di Amerika Selatan menjadi hangat, tetapi tidak demikian halnya dengan perairan Australia sebelah utara dan Indonesia. Ketika hal itu terjadi angin pasat akan melemah dan arahnya berbalik, yakni berhembus dari arah barat ke timur. Jadi udara tropis yang lembab tidak berpusat di dekat Benua Australia, melainkan di Samudra Pasifik bagian tengah dan meluas ke timur ke arah Amerika Selatan.
Akibat peristiwa El Nino
Hal ini menyebabkan turunnya hujan di Samudra Pasifik dan hujan di Australia serta di Indonesia menjadi lebih sedikit dari biasanya. Akibatnya timbul kekeringan di Australia dan berbagai daerah di Indonesia. Kekeringan di Indonesia sering disertai dengan kebakaran hutan.

Peristiwa La Nina
La Nina merupakan kebalikan dari El Nino yakni, mendinginkan perairan Samudra Pasifik bagian tengah. Peristiwa La Nina ini terjadi pada saat angin pasat berhembus kencang dan terus menerus melintasi Samudra Pasifik ke arah Australia. Angin tersebut mendorong lebih banyak arus hangat ke arah Australia sebelah utara dibanding biasanya.

Akibat peristiwa La Nina
Akibatnya semakin banyaka awan yang terkonsentrasi dan menyebabkan hujan turun lebih banyak di Australia, di Samudra Pasifik sebelah barat, dan Indonesia. Di daratan terjadi hujan yang deras dan mengakibatkan banjir dan air pasang.

Kesimpulan
Jadi akibat peristiwa El Nino bagi Indonesia dan Australia adalah terjadi kekeringan (musim kemarau) sedangkan akibat peristiwa La Nina bagi Indonesia dan Australia adalah turunnya banyak hujan atau musim hujan.
Demikainlah penjelasan mengenai El Nino dan La Nina yang saya ambil dari buku Geografi kelas X penerbit Erlangga halaman 257-257. 
Rating: 4.5