Mendidik dengan Hati

Proses fotosintesis pada tumbuhan dan reaksinya

Pak guru akan menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan dan reaksi fotosintesis. Usaha tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya adalah dengan melakukan fotosintesis. Daun merupakan organ tumbuhan yang berperan sebagai tempat terjadinya fotosintesis.
Proses fotosintesis pada tumbuhan dan reaksinya
proses fotosintesis tumbuhan
Kata fotosintesis dari bahasa yunani yang artinya adalah foto = cahaya dan sintesis = penggabungan. Satu-satunya makhluk hidup yang bisa memproduksi makanan sendiri adalah tumbuhan. Seperti kita manusia adalah makan tumbuhan dan hewan.
Proses fotositesis pada tumbuhan
Akar menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah. Kemudian zat garam mineral dan air diangkut oleh pembuluh yang bernama xilem. Air dari dalam tanah di bawa ke daun untuk di proses fotosintesis. Daun juga melakukan fungsinya untuk menyerap gas karbondioksida melalui mulut daun atau stomata.
Proses fotositesis berlangsung pada siang hari. Zat hijau daun atau klorofil berperan sebagai penerima energi dari sinar matahari untuk melakukan fotosintesis.
Berikut reaksi fotosintesis :
Gas karbondioksida dan air dibantu dengan cahaya matahari kemudian menghasilkan glukosan dan oksigen.
Reaksi kimia fotosintesis sebagai berikut:
6CO2 + 6H2O >>> cahaya matahari>>> C6H12O + O6
 Karbohidrat yang dihasilkan dari fotosintesis merupakan sumber energi tumbuhan. Kemampuan tumbuhan juga sangat menakjubkan. Karbohidrat tersebut ternyata masih diproses lagi menjadi vitamin, lemak, protein dan senyawa lainnya untuk proses pertumbuhan tumbuhan.

Agar seluruh tubuh tumbuhan memperoleh nutrisi, glukosa atau kerbohidrat tersebut diedarkan oleh pembuluh floem. Jadi tugas floem adalah mengangkut hasil dari proses fotosintesis yang berupa sari-sari makanan. Apabila seluruh tubuh tumbuhan sudah terpenuhi kebutuhan glukosanya. Maka glukosa tersebut disimpan lagi oleh tumbuhan. Tempat penyimnapan glukosa di batang, buah, dan akar. Seperti pada kentang, ternyata kentang adalah sebagai penyimpan cadangan makanan tumbuhan kentang itu sendiri. Oleh karena itu kentang kaya akan karbohidrat.

Pada proses pernapasan daun, daun mengeluarkan oksigen dan menghirup karbon dioksida. Kebalikan dengan manusia. Kalau kita melihat daun, pada daun terlihat seperti mengkilap. Mengapa demikian? Ternyata lapisan mengkilap atau kedap air tersebut adalah lapisan lilin. Ternyata lapisan lilin tersebut berguna untuk mencegah penguapan yang berlebih.
Secara ringkas, dua bahan untuk melakukan prose fotosintesis adalah air dan gas karbondioksida.
Hasil dari fotosintesis adalah glukosa dan oksigen.
Cahaya matahari berfungsi sebagai energi untuk melakukan proses kimiawi dari hasil fotosintesis.
Yang berperan dalam proses fotosintesis adalah pembuluh floem, pembuluh xilem, dan daun.
Demikian penjelasan mengenai proses fotosintesis pada tumbuhan dan reaksinya. Jangan lupa belajar terus dan berkunjung ke blog pak guru ipa.
Rating: 4.5