Mendidik dengan Hati

Sistem pernapasan pada manusia dengan penjelasan lengkap

Sistem pernapasan pada manusia melalui saluran pernapasa yang meliputi rongga hidung, faring, laring, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Penjelasannya sebagai berikut:
Sistem pernapasan pada manusia
  1. Rongga hidung
Udara yang berasal dari luar kita hirup akan memasuki rongga hidung. Pada rongga hidung terdapat selaput lendir yang fungsinya untuk menangkap benda asing seperti debu dan lainnya. Fungsi rongga hidung adalah untuk menyaring atau memfilter udara yang masuk pada saluran selanjutnya, memanaskan udara, dan melembabkan udara.
  1. Faring atau tekak
Dari rongga hidung, udara masuk ke faring. Faring berfungsi sebagai jalannya makanan dan udara. Bagian belakang faring adalah saluran pencernaan dan bagain depan faring adalah saluran udara.
  1. Laring.
Laring letaknya diantara faring dan trakea. Pada laring terdapat 9 tulang rawan. Katup laring bernama epiglogtis. Pada saat kita makan, epiglotis akan menutup. Sehingga makanan tidak akan masuk ke tenggorokan. Hati-hati kalau sedang makan sambil berbicara. Dapat tersedak pada bagian ini.
  1. Tenggorokan atau trakea.
Sistem pernapasan pada manusia selanjutya adalah pipa tenggorokan mempunyai panjang kurang lebih 10 cm. Pada dinding tenggorokan tersusun oleh tulang rawan dan bagian dalamnya bersisilia yang berfungsi untuk menyaring udara agar tidak ada benda asing.
  1. Cabang tenggorokan atau bronkus.
Tenggorokan mempunyai dua cabang yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. Bronkus akan bercabang lagi yang disebut dengan bronkiolus yang tidak memiliki tulang rawan.
  1. Paru-paru
Paru paru atau pulmo terdiri dari paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan dibagi menjadi 3 lobus. Dan paru-paru kiri dibagi menjadi 2 lobus. Pada paru-paru terdapat bronkiolus dan bronkus. Bronkiolus bercabang membentuk pembuluh halus yang berujung pada gelembung paru-paru, disebut dengan alveolus. Alveolus merupakan tempat berukarnya gas oksigen dan karbon dioksida.
Demikian penjelasan sistem pernapasan pada manusia. Ternyata sangat kompleks sekali. Oh ya di dalam hidung kita terdapat bulu-bulu halus. Bulu tersebut tidak boleh dicabut. Ternyata bulu tersebut berfungsi sebagai menyaring udara sebelum masuk ke rongga hidung. Orang yang memiliki kumis tebal juga bagus. Apakah kamu ingin memilikinya? Kumis juga berfungsi sebagai menyaring udara. Udara di luar sudah banyak terkontaminasi dengan debu dan zat-zat lainnya.
Rating: 4.5