Mendidik dengan Hati

Pengertian gelombang dan jenis-jenis gelombang

Pembahasan materi ini pak guru akan mengupas pengertian gelombang dan jenis-jenis gelombang. Pengertian gelombang (wave) adalah getaran yang merambat. Suatu gelombang akan membawa energi. Contohnya adalah gelombang laut yang pada akhirnya menyebabkan ebrasi di daerah pesisir pantai. Berdasarkan mediumnya, gelombang dibagi menjadi gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Berdasarkan arah getar dan arah rambatnya, gelombang dibagi menjadi gelombang transfersal dan gelombang longitudinal.
1. Gelombang mekanik
Pengertian gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium atau zat perantara untuk proses merambatnya. Jika tidak ada zat perantara yang menghantarkan gelombang ini, maka gelombang tidak bisa dihantarkan. Contohnya adalah jika tidak ada udara, gelombang bunyi tidak sampai di telinga kita.
2. Gelombang elektromagnetik
Kebalikan dengan gelombang mekanik, gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang merambatnya tidak membutuhkan zat perantara atau medium. Contohnya adalah gelombang cahaya matahari yang sampai ke bumi tidak memerlukan perantara.
3. Gelombang transversal
Pengertian gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya itu tegak lurus dengan arah getarnya. Bentuk dari gelombang ini adalah sinusoidal atau grafik sinus. Contoh gelombang transversal adalah gelombang laut, gelombang pada sebuah tali yang digetarkan.
4. Gelombang longitudinal
Pengertian gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya itu searah atau sejajar dengan arah gatarannya. Bentuk dari gelombang longitudinal adalah rapatan dan renggangan. Contoh dari gelombang longitudinal adalah per atau shobeaker pada motor.
Penjelasan gelombang transversal
Perhatikan gambar di atas:
Satu gelombang terdiri dari satu bukit dan satu lembah. Kalau pada gambar di atas satu bukit titik A-B-C-D-E.
Titik B bernama bukit gelombang
Titik D adalah lembah gelombang
Titik A-B-C-D-E merupakan satu getaran atau satu panjang gelombang. Pada gambar di atas terdidi dari dua gelombang atau dua getaran.
Contoh soal mencari cepat rambat gelombang:
Sebuah gelombang yang merambat di air dengan panjang gelombang 2 meter. Waktu untuk satu gelombang adalah 0,5 sekon. Berapakah cepat rambat gelombang?
Inget persamaan cepat rambat gelombang adalah
v = λ / t
v = 2 m / 0,5 s
v = 4 m/s
Demikian penjelasan mengenai pengertian gelombang dan jenis-jenis gelombang. Teruslah semangat untuk belajar agar kamu menjadi orang yang hebat dan hidup lebih baik dari sekarang ini!
Rating: 4.5