Mendidik dengan Hati

Pengertian massa jenis dan contoh soalnya

Indikator pada materi ini adalah kalian bisa mendeskripaikan pengertian massa jenis, bisa mengukur massa jenis benda yang beraturan, dan bisa mengukur massa jenis benda yang tidak beraturan.
Massa dengan massa jenis adalah dua hal yang berbeda. Pengertian massa adalah banyaknya materi yang terdapat pada suatu benda. Pengertian massa jenis adalah banyaknya materi pada suatu benda tiap satuan volumenya.
Pengertian massa jenis dan contoh soalnya
Nilai massa jenis itu aka  mempengaruhi pada struktur benda. Contohnya adalah mengapa gabus atau sterofoam bisa mengapung di air? Jawabnya adalah karena massa jenis air lebih besar daripada massa jenis gabus. Atau bisa menjawab massa jenis gabus lebih kecil dibandingkan massa jenis air.
Kemudian contoh yang lain lagi adalah batu atau besi maupun baja akan tenggelam di air. Jadi massa jenis batu, baja, dan besi lebih besar dibandingkan massa jenis air.

Dari beberapa contoh di atas bahwa massa jenis mempengaruhi benda dari segi kerapatan suatu benda. Semakin besar tingkat massa jenis benda maka semakin besar pula kerapatannya. Oleh kare itu ada beberapa pakar fisika yang mengatakan bahwa pengertian jassa jenis adalah tingkat kerapatan suatu benda, baik itu benda padat, benda cair, da  benda gas.
Massa jenis di rumuskan:
Massa jenis = massa (kg) / volume (m3)
Satuan massa jenis adalah Kg/m3

Contoh soal:
Bab penampungan air ukurannya 1 m dengan bentuk kubus. Jika massa air di dalam bak itu adalah 1000 kg. Berapakah massa jenis air?
Jawab: m = 1000 kg
Volume = 1 m x 1 m x 1 m = 1 m3.
Massa jenis = 1000 kg / 1 m3
Jadi massa jenis air adalah 1000 kg/m3
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian massa jenis dan contonya. Untuk materi cara menentukan massa jenis benda teratur dan benda tidak teratur bisa lihat disini.
Rating: 4.5