Mendidik dengan Hati

Bagian-bagian telinga dan fungsinya lengkap

Telinga adalah alat indera pendengar kita yang peka terhadap gelombang suara. Telinga kita hanya mendengar suara yang mempunyai frekuensi 20 – 20.000 Hz. Sebenarnya, fungsi telinga kita selain sebagai pendengar juga sebagai penjaga keseimbangan tubuh kita.
Bagian telinga dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu telinga bagian luar, telingan bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Mari kita simak pembahasannya satu persatu.
1. Telinga bagian luar, terdiri sebagai berikut:
a. Daun telinga berfungsi sebagai penampung getaran, jadi sebagai penangkap gelombang yang ada disekita kita.
b. Lubang telinga atau saluran telinga luar berfungsi sebagai menyalurkan getaran atau gelombang yang ditangkap oleh daun telinga.
c. Kelenjar minyak berfungsi sebagai penyaring udara, udara yang masuk ini membawa gelombang suara dari sekitar kita. Kelenjar minyak ini biasanya terdapat kotoran yang harus dibersihkan. Nah kotoran telinga ini dari hasil penyaringan suara, barang kali ada debu atau benda asing yang akan masuk ke dalam telinga dicegah di kelenjar minyak.
d. Selaput gendang atau membran timpani berfungsi sebagai penerima dan yang memperbesar getaran suara yang ditangkap oleh telinga.

2. Telinga bagian tengah
Letak dari telinga bagian ini bersebelahan dengan membran timpani. Fungsi utama telinga bagian tengah ini adalah meneruskan getaran atau gelombang suara yang berasal dari telinga bagian luar menuju bagian dalam. Berikut bagian-bagiantelinga tengah.
a. Saluran pendengaran yang fungsinya untuk memperbesar dan menghantarkan getaran suara. Tulang pendengaran ini tergolong menjadi tiga yaitu tulang sanggurdi, tulang landasan, dan tulang martil. Ketiga tulang tersebut menghubungkan tingkap jongkok dan gendang telinga.
b. Saluran Eustachius yang fungsinya untuk mengurangi tekanan udara di dalam telinga tengah sehingga kondisi tekanan di dalam telinga maupun di luar telinga akan sama.
3. Telinga bagian dalam
Setelah gelombang suara ini masuk ke dalam telinga tengah, kemudian dilanjutkan lagi ke telinga dalam. Dari telinga dalam, getaran atau gelombang suara diteruskan ke pusat pendengaran yang dihantarkan oleh urat saraf. Bagian-bagian telinga dalam adalah
a. Tingkap jongkok yang fungsinya untuk menyampaikan dan menerima getara.
b. Rumah siput yang fungsinya untuk menyampaikan getaran, memperbesar, dan menerima getara suara menuju saraf pendengaran.
c. Tiga saluran setengah lingkaran yang fungsinya untuk menjaga kesimbangan tubuh.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar