Mendidik dengan Hati

Buah yang mengandung vitamin A dan manfaat vitamin A

Buah yang mengandung vitamin A adalah pepaya, mangga, alpukat dan lain-lain. Selaint buah tersebut, ternyata beberapa jenis makanan berikut memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yaitu: minyak ikan kod, telur, susu, ubi, labu kuning, bayam, dan kangkung. 
Buah yang mengandung vitamin A dan manfaat vitamin A

Pada umumnya, vitamin A dikenal sebagai vitamin yang berperan dalam kesehatan mata. Vitamin A juga penting dalam mengatur gen, menjaga kesehatan kulit, memproduksi sel darah merah, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan mudah rentan terhadap penyakit yang menular.
Vitamin A terdapat pada buah-buahan, produk susu, ikan, daging, dan sayuran. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang berasal dari hidrokarbon tak jenuh seperti beta karoten, retinol, dan retina. Beta-karoten adalah antioksidan yang berguna untuk melindungi sel-sel kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan banyak penyakit kronis dan merupakan salah satu yang mempercepat penuaan. Suplemen beta-karoten juga membantu untuk mengurangi risiko kanker.
Vitamin A juga sangat penting untuk:
Mencegah dan mengobati infeksi
Menyembuhkan penyakit mata
Menjaga kesehatan tulang
gigi yang kuat
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Menghancurkan sel-sel tumor
Mencegah kanker
Menjaga kulit agar tetap sehat
Mencegah jerawat
Mencegah keriput
Mengurangi stretch mark
Menjaga kulit kepala agar tetap sehat
Mengurangi kekeringan rambut
Melancarkan asi
Penjelasan buah yang mengandung vitamin A:
1. Mangga
Satu cangkir irisan mangga dapat memenuhi kebutuhan vitamin A 36% dari jumlah yang disarankan.
2. Tomat
Dari sudut pandang botani, tomat secara teknis adalah termasuk buah. Meskipun banyak orang yang menganggap tomat sebagai sayur. Tomat memiliki rendah kalori dan mengandung vitamin dan mineral. Satu tomat ukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A 20%. Tomat juga sebagai sumber vitamin C.
3. Pepaya
Buah pepaya kaya akan vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan. Satu irisan kecil pepaya memberikan 29% dari nilai harian vitamin A yang direkomendasikan.
4. Persik
Buah persik tinggi vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan kalsium. Setengah dari buah persik tersedia 10% dari kebutuhan harian vitamin A.
Tips untuk mengkonsumsi vitamin A:
1. Menghindari konsumsi vitamin A secara berlebihan. Hal ini dapat merugikan kesehatan. Contohnya bagi anda yang banyak makan pepaya yang besar, tubuh akan kelebihan vitamin A.
2. kelebihan mengkonsumsi vitamin A dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, kepadatan tulang yang rendah, bayi lahir cacat, osteoporosis, dan kelainan hati.
3. Mengkonsumsi suplemen vitamin A harus dengan resep dokter.
 Itulah penjelasan mengenai buah yang mengandung vitamin A. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Kunjungilah selalu blog kami ini.
Rating: 4.5