Mendidik dengan Hati

Makanan yang mengandung vitamin B dan akibat kekurangan vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin b adalah kelompok ikan, kelompok daging, dan kelompok sayuran. Kelompok ikan adalah salmon, tuna, ikan kod. Kelompok daging adalah daging sapi, daging domba, unggas, telur, dan susu. Kelompok sayuran adalah kacang-kacangan, alpukat, buah delima, semangka, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kentang, labu siam/ gambas, kacang kedelai, dan kacang merah.  Vitamin B larut dalam air dan bisa hancur dengan proses pemanasan (memasak yang terlalu matang) dan alkohol.


Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin. Meskipun tubuh kita membutuhkan vitamin dalam jumlah yang sedikit jika tidak terpenuhi maka tubuh kekurangan nutrisi sehingga menyebabkan beberapa macam penyakit. Tubuh kita tidak dapat menghasilkan vitamin sendiri. Oleh karena itu kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bervitamin.
Setiap proses yang terjadi di dalam tubuh membutuhkan vitamin B. Vitamin B sangat penting untuk proses metabolisme tubuh, organ-organ penting, sistem saraf, rambut, kulit, otot, dan mata. Vitamin B berperan dalm aktivitas enzim dan protein berperan mengatur proses kimia dalam tubuh misalnya adalah mengubah makanan menjadi energi.
Jenis-jenis vitamin B mencakup :
1. vitamin B1 (thiamine)
Tiamin membantu untuk mengubah glukosa menjadi energi dan memiliki peran utama dalam fungsi saraf. Sereal gandum, wijen, kacang-kacangan, dan gandum mengandung tiamin dalam jumlah yang tinggi.
2. vitamin B2 (riboflavin)
Makanan yang banyak mengandung vitamin B2 terdapat pada susu, biji-bijian, kentang, sereal, ikan, dan kacang merah. Riboflavin bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi. Selain itu membantu memproduksi sel darah merah. Sayuran seperti brokoli, jamur, sayuran berdaun hijau dan asparagus juga kaya dengan vitamin B2
3. vitamin B3 (niacin)
Biji-bijian, kacang-kacangan, kacang tanah, kentang, hati, ikan, dan ayam banyak mengandung vitamin B3. Niacin atau vitamin B membantu proses pencernaan, proses metabolisme makanan, dan memproduksi kolesterol baik untuk tubuh.
4. vitamin B5 (pantothenic acid)
Vitamin B5 membantu penyerapan protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin B5 banyak terkandung pada gandum, tomat, jamur, jeruk, alpukat, kacang polong, kentang, ayam, dan telur.
5. vitamin B6 (pyridoxine and pyridoxamine)
Vitamin B6 banyak terkandung pada brokoli, pisang, stroberi, oatmeal, gandum, beras merah, dan produk jenis kedelai seperti tahun, susu kedelai, dan tempe.
6. vitamin B7 (biotin)
Vitamin B7 banyak terdapat pada susu, kuning telur , ikan, hati, kacang-kacangan, kedelai, kentang, bayam, brokoli dan kembang kol. Vitamin B7 membantu mensintesis glikogen tubuh, asam amino, dan lemak. Vitamin B7 juga berfungsi dalam pemeliharaan jaringan dan perawatan kulit.
7. vitamin B9 (Asam folat)
Makanan yang kaya akan asam folat adalah  kacang, kacang polong, brokoli, bit, asparagus, lobak hijau, bayam, jamur, blewah, roti gandum, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, hati, dan buah jeruk. Selengkapnya makanan yang mengandung asam folat disini. Asam folat berfungsi untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel. Asam folat sangat diperlukan ibu hamil agar perkembangan otak janin berkembang dengan baik.
8. Vitamin B12 (cobalamin)
Cobalamin banyak terdapat pada keju, telur, unggas, daging, ikan, makanan laut, yogurt, susu, dan sereal. Cobalamin sangat penting untuk produksi sel darah merah. Cobalamin banyak ditemukan dari hewan atau makanan yang mengandung protein hewani.
Akibat kekurangan vitamin B kompleks
1. Bayi lahir cacat
Bagi ibu yang kurang mengkonsumsi vitamin B khususnya asam folat, bisa mengakibatkan bayi lahir cacat atau dapat lahir prematur.
2. Kelelahan
Tubuh yang kekurangan sel darah merah atau anemia dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan kelelahan.
3. Masalah kulit
Vitamin B kompleks berperan juga dalam perawatan dan pertumbuhan sel. Jika kekurangan maka sel kulit akan kekurangan nutrisi, kulit kering, dan tidak lembut.
4. Sering nyeri pada sendi, kram dan merasa kesemutan.
5. Terjadi gangguan saraf. Vitamin B sangat berperan dalam regenerasi saraf.
6. Sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mudah terjangkit penyakit.
Terukupinya kebutuhan vitamin B dapat mencegah seseorang dari diabetes dan darah tinggi. Itulah penjelasan manfaat vitamin B dan makanan yang banyak mengandung vitamin B. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5