Mendidik dengan Hati

Mengapa fosil pada lapisan bawah tanah? Apakah buminya yang semakin besar?

Di sekolah ada siswa yang tanya, mengapa fosil itu letaknya di dalam tanah pak guru? Apakah bumi ini semakin mengembang dan semakin besar? Sebenarnya apa yang bisa menyebabkan demikian? 

Banyak sekali penyebab fosil itu berada pada lapisan tanah bagian bawah. Benda fosil ini sudah lama dari ribuan hingga jutaan tahun yang lalu. Lantas penyebab fosil di dalam tanah itu mengapa? Penyebabnya bisa terjadi karena letusan gunung berapi. Pada jaman dahulu gunung berapi sering mengalami letusan sehingga meterial dari dalam perut bumi ini keluar dan akhirnya membentuk lapisan tanah yang baru. Tulang-tulang binatang akan terkubur oleh lahar dingin dari gunung berapi.
Pembentukan tanah baru juga bisa berasal dari peristiwa pengikisan atau pelapukan dari batu-batu besar sehingga menjadi tanah. Daun-daun yang berguguran pun juga demikian bisa menjadi tanah. Lama-kelamaan fosil itu semakin tertimbun dan tertimbun sehinga bisa kita temukan di lapisan tanah yang bawah.

Kesimpulannya adalah bumi kita itu tidak semakin besar melainkan besarnya ajeg. Fosil itu letaknya di bawah itu tadi karena peristiwa alam seperti gunung meletus, pengikisan batu, dan dedaunan. Kurang lebih seperti itu, jika kurang puas bisa bertanya kepada guru Geografi di sekolah kalian.
Rating: 4.5