Mendidik dengan Hati

Rahasia suksesnya OSIS

Selama 2 bulan mengajari di SMA N 1 Semarang, banyak ilmu yang saya dapatkan. Diantara ilmu tersebut adalah cara manajemen menjadi seorang pembina OSIS. OSIS di SMA N 1 Semarang sering menjuarai berbagai lomba dan sering mengadakan event yang menggemparkan.
Minggu kemarin OSIS baru saja mengadakan acara ulang tahun yang puncaknya dilaksanakan di hari minggu dengan mengundang beberapa artis seperti NAIF dan ISYANA SARASVATI. Mereka sudah terbiasa mengelola acara-acara yang besar. Bagaimana sih rahasia mereka kok bisa sukese seperti itu?
Hari senin kemarin 28 September 2015 diadakan LDK OSIS dan MPK SMA N 1 Semarang. Beliau bapak Rusmiyanto selaku wakil kepala sekolah bahwa suksesnya OSIS dari keterikatan guru dengan anakn-anak OSIS. Setiap kegiatan selalu didampingi guru. Guru ikut terjun ke lapangan untuk membimbing dan mengawasi mereka. Bahkan pembina OSIS sampai pulang larut malam menemani mereka kalau ada kegiatan.

Teringat dulu waktu jaman SMA, OSIS di SMA saya termasuk maju, namun perhatian dari para guru dan pembina cenderung kurang. Ketika kami menemui jalan yang buntu dan sulit memutuskan sesuatu akhirnya kami ambil jalan tengah dan diputuskan sendiri. Padalah peran guru dan pembina itu bisa memberikan pengarahan kepada kami. Guru dan pembina memiliki pandangan yang lebih luas dan sebagainya.
Oya suksesnya OSIS SMA N Semarang juga karena keterikatan mereka dengan alumni mereka yang sangat kental. Para alumni SMA N 1 banyak yang menjadi orang terkenal dan menjadi pejabat. Tidak segan-segan para alumni sering memberikan bantuan baik itu berupa dana dan sebagainya. Bagaimana dengan alumni kalian? Apakah masih punya andil ketika kalian sedang membutuhkan?
Oleh karena itu coba mulai sekarang kalian perbaiki hubungan kalian dengan para alumni agar mempererat tali silaturahmi dan bisa membantu kegiatan OSIS di sekolah kalian.

Kalian coba juga mendekati pembina kalian dan banyak bertanya agar pembina di SMA kalian bisa benar-benar terlibat dan membantu kalian ketika sedang mengadakan kegiatan. Saya pribadi kalau menjadi seorang pembina saya selalu mengawal aktivitas siswa dan mengarahkan siswa serta selalu memberikan motivasi kepada mereka agar selalu semangat.


Perlu diingat bahwa anak yang ikut organisasi seperti OSIS, Pramuka dan sebagainya kedepan akan mempunyai manfaat yang luar biasa. Nanti akan terbiasa menjadi seorang pemimpin karena sudah berlatih menjadi pemimpin di usia sekolah. Saya sangat salut sekali kepada siswa yang aktif di organisasi tapi akademik/ prestasinya tidak kalah dengan anak yang tidak aktif di organisasi. Sangat istimewa sekali jika anak yang aktif di organisasi menjadi siswa teladan baik dari segi akademik dan nilai sosial lainnya. Demikian... semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Tetap Semangat!!
Rating: 4.5