Mendidik dengan Hati

Tempat duduk di kelas kelas yang bertangga bekas sekolah jaman Belanda

Kalau kita meliat ruangkan sekolah maupun ruangan kuliah di Universitas seperti di negara-negara Eropa tempat duduknya bertingkat-tingkat seperti tangga. Demikian ruang kelas sekolah di Belanda, di Inggirs, Jerman, Prancis, dan negara Eropa lainnya saat ini masih bertingkat-tingkat dan tinggi gedung satu lantainya sekitar 5 m sampai 7 m. Berbeda dengan di Indonesia, ruang kelasnya tidak berundak-undak atau bentuk tangga. Gedungnya pun pendek-pendek, palingan 4 m.
foto kelas yang seting tempat duduknya bertangga seperti di Eropa
Apakah ruangganya lebih nyaman yang berundak-undak?
Seperti di sekolah SMA 1 dimana saya mengajar saat ini beberapa kelas yang bangunannya masih asli dari Belanda berundak-undak atau seperti tangga. Kalau saya mengajar di kelas ini, saya bisa melihat semua wajah siswa karena tidak ketutupan dengan badan siswa lainnya. Berbeda kalau lantainya datar semua, sebagai guru kita tidak bisa melihat wajah mereka karena ketutupan siswa didepannya.
Siswa juga merasa lebih nyaman ketika sedang mengikuti pelajaran. Kenapa? Karena bisa melihat secara jelas penjelasan guru dan tidak terhalangi pandangannya oleh teman di depannya.

Itu mungkin alasannya kenapa di negara-negara Eropa khususnya yang saat ini ruangan kelasnya berundak-undak. Intinya semua siswa bisa melihat tulisan guru di papan tulis dan bisa melihat gerak-gerik guru saat menjelaskan materinya.
Rating: 4.5