Mendidik dengan Hati

Bunyi Hukum Ohm Beserta Contoh Soalnya

Di hari minggu pagi 8 September 2015 yang cerah ini pak guru akan membahas bunyi hukum Ohm dan contoh soal hukum ohm. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhubungan dengan listrik. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur kita berhubungan dengan listrik. Sebenarnya, di gatget kamu dan chargernya berlaku hukum Ohm. Dengan adanya hukum Ohm, para mekanik servis elektronik bisa mengetahui bagian komponen eletronika yang rusak dan harus diganti.
Bunyi Hukum Ohm Beserta Contoh Soalnya
Asal Usul Hukum Ohm
Hukum Ohm berkaitan dengan arus listrik. Nah untuk mudah mempelajarinya, kamu baca terlebih dahulu tentang Pengertian Arus Listril yah. Pada suatu percobaan listrik yang telah dilakukan, terdapat hubungan antara hambatan dan kuat arus listrik. Contoh hambatan adalah lampu listrik dan komponen elektronika seperti resistor.
Masih berkaitan dengan percobaan, jika hambatan listrik dinaikkan, maka kuat arusnya akan menjadi lebih kecil. Sebaiknya apabila hambatannya dikurangi maka kuat arusnya akan bertambah besar.
Oleh karena itu diperoleh hubungan kuat arus listrik berbanding terbalik dengan hambatannya. Bisa juga dikatakan hambatan berbanding terbalik dengan kuat arusnya.
Pada percobaan listrik juga rangkaian listrik diberikan tegangan (beda potensial yang tinggi) dengan hambatan yang tetap. Ketika tegangan listrik dinaikkan, maka nilai kuat arusnya akan bertambah. Jadi kesimpulannya adalah kuat arus listrik sebanding dengan beda potensial (tegangan).
Bunyi hukum Ohm
Berdasarkan hasil percobaan pada rangkaian listrik, hukum hukum Ohm adalah “kuat arus yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup akan sebanding dengan besar beda potensialnya dan berbanding terbalik dengan hambatannya.

Rumus hukum Ohm

I = V / R atau V = I R
Keterangan
V = beda potensial atau tegangan, satuannya volt (V)
I = kuat arus listrik satuannya ampere (A)
R = hambatan listrik satuannya Ohm (Ω)

Contoh soal hukum Ohm

Sebuah lampu dihubungkan dengan listrik yang mempunyai tegangan 12 V. Ketika diukur, ternyata kuat arusnya adalah 0,4 Ampere. Coba tentukan besar hambatan pada lampu tersebut!
Diketahui; V = 12 V ; I = 0,4 A
Ditanya; R ....?
Jawab; V = I R maka R = V / I
R = 12 V / 0,4 A
R = 40 Ω
Jadi besar hambatan pada lampu tersebut adalah  40 Ohm.
Contoh soal hukum ohm
Suatu mainan anak bertuliskan tegangan 6 volt, dan hambatannya 40 ohm. Berapakah kuat arus yang ada di dalam mainan anak tersebut?
Diketahui; V = 6 ; R = 40 ohm.
Ditanya; I ....?
I = V / R
I = 6 V / 40 Ω
I = 0,15 A
Jadi kuat arus pada mainan anak tersebut adalah 0,15 ampere.

Demikianlah pembahasan seputar bunyi hukum ohm dan contoh soalnya. Selamat belajar :)
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar