Mendidik dengan Hati

Mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut pada manusia

Pernapasan kita itu terjadi secara atomatis pada saat kita beraktivtas bahkan kita sedang tidur. Menurut tempat terjadinya, pernapasan ada dua yaitu pernapasan luar dan pernapasan dalam.
Sebelumnya pak guru telah membahas urutan sistem pernapasan pada manusia.
Pernapasan luar terjadi pertukaran antara udara di dalam alveolus dengan udara dari darah dalam kapiler. Pernapasan dalam terjadi pertukaran udara dalam kapiler dengan sel-sel tubuh. Karena terdapat organ tubuh yang terlibat dalam pemasukan (inspirasi) maupun pengeluaran udara (ekspirasi), maka mekanisme pernapasan dibagi menjadi dua yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

Mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut
 Mekanisme pernapasan dada
Pernapasan dada merupakan pernapasan yang melibatkan otot tulang antar rusuk. Mekanismenya berikut ini:
1. Fase inspirasi (pemasukan udara)
Ketika tulang rusuk berkontraksi, maka tulang rusuk akan terangkat sehingga volume rongga dada akan membesar. Ketika terjadi volume dada yang besar maka tekanan udara di dalam paru-paru akan kecil sehingga udara yang di luar lebih besar dan akan masuk ke paru-paru.
2. Fase ekspirasi (pengeluaran udara)
Ketika otot antar tulang rusuk kita relaksasi maka tulang rusuk akan tertekan, sehingga rongga dada akan mengecil. Akibatnya tekanan udara dalam paru-paru akan membesar sehingga udara akan keluar.
Mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut
Mekanisme pernapasan perut
Pernapasan perut merupakan pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Otot diafragma ini yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Mekanismenya berikut ini:
1. Fase inspirasi (pemasukan udara)
Ketika terjadi kontraksi pada otot diafragma yang mengembang maka paru-paru juga ikut mengembang. Tekanan udara pada paru-paru akan mengecil dan udara dari luar akan masuk.
Artikel rekomendasi [ Gangguan pada sistem pernapasan manusia ]
2. Fase ekspirasi (pengeluaran udara)
Ketika otot diafragma relaksasi maka rongga dada akan mengecil sehingga tekanan udara pada paru-paru akan membesar. Maka yang terjadi udara akan keluar dari tubuh.

Demikianlah mekanisme atau proses pernapasan dada dan pernapasan perut. Kesimpulannya adalah terjadi tekanan. Ketika tekanan udara di dalam paru-paru, maka udara dari dalam tubuh akan keluar. Ketika tekanan udara dalam paru-paru kecil, maka udara akan masuk ke dalam tubuh. Perlu diingat bahwa tekanan udara akan mengalir dari tekanan tinggi mengalir tekanan yang rendah.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar