Mendidik dengan Hati

Proses terbentuknya minyak bumi secara singkat

Pengertian minyak bumi adalah cairan coklat gelap yang mudah terbakar yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan dari jutaan tahun lalu akibat mengalami pemanasan bumi sehingga menjadi minyak mentah. Minyak bumi terletak di lapisan kerak bumi.
Proses terbentuknya minyak bumi secara singkat
minyak bumi yang masih mentah
Proses terbentuknya miyak bumi secara singkat:
1. Ganggang atau tumbuhan di lautaan maupun di daratan melalukan fotosintesis untuk tumbuh dan berkembang semakin banyak.
2. Ganggan atau tumbuhan tersebut kemudian mati dan akan terendap di dasar laut atau danau yang kemudian bercampur dengan batuan lembung dan terbentuklah bantuan induk (source rock).
3. Batuan induk tersebut terkubur di bawah batuan lainnya dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Batuan induk tertutup oleh batuan resevoir. Batuan reservoir adalah batuan yang terdapat pori-pori di dalamnya seperti batuan gamping.
4. Karena tertutup oleh batuan reservoir, batuan induk akan mengalami pemanasan (geothermal) sehingga suhu batuan induk menjadi panas. Batuan induk akan menjadi masak dan berupa cairan.
5. Batuan induk yang sudah panas kemudian bereaksi dengan hidrogen sehingga terbentuk senyawa baru yaitu hidrokarbon.
6. Batuan induk yang sudah jadi minyak kemudian akan naik ke atas kemdian terperangkap oleh batuan. Disinilah minyak bumi siap ditambang.
Komposisi minyak bumi adalah berbagai unsur hidrokarbon seperti alkana. Minyak bumi diambil dari kerak bumi dengan cara pengeboran. Setelah diambil, minyak bumi akan diolah ditempat pengilangan.
Minyak bumi akan didihkan dan akan terlihat berbagai macam zat dari pemanasan tersebut. Dilihat dari titik didihnya yang berbeda-beda akan terbentuk bahan bakar seperti solar, premium, pertalite, dan pertamax. Aspal juga hasil dari minyak bumi.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar