Mendidik dengan Hati

Ciri-ciri madu asli tanpa campuran

Ide artikel ciri-ciri madu asli tanpa campuran ini berawal dari kesukaan saya dengan madu. Saya pernah membeli madu palsu bahkan beberapa kali saya kena tipu membeli madu yang katanya asli ternyata madunya sudah dicampur dengan gula. Di dalam al-Quran dan berbagai hadist telah menyebutkan manfaat madu bagi tubuh kita. Jadi kalau kita meminum madu itu termasuk sunnah dan akan mendapat pahala.
Ciri-ciri madu asli tanpa campuran
Sobat di rumah pasti pernah kan mengalami membeli madu yang palsu? Banyak di toko-toko atau warung bahkan penjual keliling yang menawarkan madu yang katanya asli. Dari segi harga yah memang ada madu yang satu botol bekas sirup Marjan harganya Cuma 60.000 saja. Kira-kira pendapat sobat itu madu asli apa bukan yah? Yah jelas palsu. Madu yang asli harganya tidak akan semurah itu.
Saya mempunya teman yang menjual madu asli yang rumahnya di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bapaknya teman saya itu peternak lebah madu dan penjual madu murni. Teman saya memberikan saya untuk mengenal ciri-ciri madu asli tanpa campuran. Untuk harga satu botol madu ukuran botol sprite atau coca-cola harganya 120.00. Mahal bukan? Ya jelas mahal karena itu madunya benar-benar asli.
Ciri-ciri madu asli tanpa campuran
1. Ketika dikocok, madu asli susah berbuih karena stuktur madu asli itu sangat pekat.
2. Madu asli memiliki kekentalan yang tinggi. Jika sobat menaruh madu asli dalam gelas, maka perlahan-lahan madu asli tersebut akan mengumpul di dasar gelas. Kalau madunya di miringkan ke dinding gelas, maka susah untuk kembali ke dasar karena kekentalannya tinggi. Madu yang palsu bentuknya encer atau tidak kental sehingga mudah menetes jika madu palsu itu dibiarkan menetes.
3. Rasa manis madu asli lebih enak dan rasanya sangat manis. Rasanya juga tidak getir atau tidak asam. Saya pernah membeli sebotol madu ukuran botol Marjan, ternyata madunya rasanya asam. Ya memang karena harga madunya itu murah banget Cuma 60.000 saja.
4. Jika madu asli dikocok, maka susah untuk keluar buihnya. Madu asli juga susah dikocok karena tingkat kekentalannya tinggi. Jika madu dikocok keluar buih, tapi buit tersebut lama hilangnya. Kalau madu yang palsu akan mudah keluar buihnya (cepat keluar buih).
5. Madu asli jika dimasukan dalam freezer susah membeku. Kalau madu yang palsu akan mudah membeku ketika dimasukan dalam freezer.

Nah itulah cara mengenali madu yang asli tanpa campuran. Sobat perlu berhati-hati ketika membeli madu. Madu yang palsu bisa memberikan efek samping kepada kita. Dan mungking juga madu yang palsu itu mengendung campuran yang berbahaya bagi tubuh.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar