Mendidik dengan Hati

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan dan Kesehatan

Contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan dan kesehatan – Bagi kalian yang ada tugas membuat paragraf argumentasi tapi masih belum terlalu paham mengenai paragraf ini, kakak akan memberikan bantuan berupa penjelasan dan juga contoh paragraf argumentasi yang semoga saja bisa memberi pencerahan pada kalian.
Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan dan Kesehatan
Paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang  berisi pendapat atau ide seseorang tentang suatu hal yang disertai dengan bukti yang kuat dan contoh yang mendukung dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca akan kebenaran suatu hal yang dikemukakan oleh penulis.
Ciri-ciri paragraf argumentasi:
1. Paragraf argumentasi berisi gagasan, pandangan, argumen, atau keyakinan penulis mengenai suatu hal.
2. Disertai data-data yang faktual untuk meyakinkan pembaca.
3. Permasalahan dijabarkan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
4. Simpulan yang terletak diakhir paragraf berupa pendapat yang lebih luas bukan berisi penegasan ulang topik utama.
Setelah kalian mengetahui pengertian dan juga ciri dari paragraf argumentasi, selanjutnya kakak akan memberikan contoh paragraf argumentasi. Contoh yang kakak berikan ini bertemakan pendidikan dan kesehatan. Simak yah.

Contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan.
Sekolah SMP Negeri 1 Magelang merupakan sekolah yang penuh prestasi dan memiliki nilai sejarah. Sekolah yang dibangun sejak zaman Jepang ini  turut serta berjuang dalam mencerdaskan bangsa di masa penjajahan, yang pada akhirnya dapat menumbuhkan semangat patriotism para muridnya. Meski hanya dibangun dengan 4 kelas dan 4 guru saja, namun sekolah ini mampu bertahan pada masa pendudukan Jepang hingga sekarang, dan melahirkan tokoh-tokoh penting negeri ini. Tokoh yang pernah mengikuti pendidikan di sekolah ini adalah Ibu Mien Sugandi (mantan Menteri Negara UPW) dan Ibu Inten Suweno (mantan Menteri Sosial). Sampai saat ini prestasi sekolah masih terus berjaya, berturut-turut menjadi sekolah dengan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tertinggi di seluruh Indonesia dengan siswa peraih nilai rata-rata UN tertinggi se-Indonesia. Tidak hanya akademik saja, bidang non akademik seperti lomba renang pun sudah pernah dimenangkan pada tingkat nasional.  Semangat belajar siswa di sekolah ini sangat tinggi, kebanyakan mereka adalah siswa yang haus belajar dan sangat mencintai belajar. Terbukti dengan kegiatan mereka yang selalu disibukkan dengan ekstrakurikuler dan les mandiri di luar jam sekolah. Prestasi-prestasi yang sangat membanggakan tersebut tidak diraih begitu saja, tentunya berkat dari kerja keras semua warga sekolah baik dari guru, karyawan, juga semangat belajar siswa, tak lupa perjuangan para pahlawan yang mempertahankan sekolah ini sejak zaman penjajahan yang sangat patut diacungi jempol. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama terus semangat meraih prestasi dan selalu peduli terhadap pendidikan agar dapat meraih prestasi yang cemerlang.
Contoh paragraf argumentasi tentang kesehatan.
Kesehatan merupakan hal yang penting dan utama. Salah satu wujud kita dalam menjaga kesehatan adalah dengan tidak mengonsumsi rokok. Semuanya pasti sudah mengetahui bahaya rokok. Dari mulai penyakit jantung, kanker, sampai pada tahap paling berbahaya yaitu menjadi penyebab kematian. Meskipun banyak masyarakat yang telah mengetahui bahaya rokok, bahkan bahaya tersebut juga sudah tertera pada kemasan rokok. Namun kebanyakan masyarakat masih saja mengonsumsinya, tidak hanya orang dewasa saja namun pada saat ini anak-anak usia sekolah sudah terbiasa untuk merokok. Sangat miris, Padahal rokok menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh King's College London merokok dapat menyebabkan pembusukan otak dengan merusak memori, kemampuan belajar, dan daya nalar. Bisa dibayangkan betapa bahayanya rokok apabila dikonsumsi oleh anak-anak usia sekolah, kemampuan belajarnya akan menurun juga daya ingatnya. Selain itu efek paling bahaya dari merokok adalah kematian. Menurut hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tembakau rokok mampu membunuh 560 orang di seluruh dunia tiap jamnya.Jika dihitung setiap tahunnya ada 4,9 juta orang yang meninggal akibat tembakau rokok. Dengan adanya bahaya rokok yang seperti itu, mari kita jaga bersama kesehatan tubuh kita dengan menjauhi rokok. Dan ubah kebiasaan merokok demi kesehatan tubuh, karena kenikmatan rokok hanya sesaat.   

Demikian contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan dan kesehatan yang dapat kakak sajikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar