Mendidik dengan Hati

Faktor-faktor yang memengaruhi banyak sedikitnya produksi urine manusia

Terdapat 4 faktor yang menyebabkan banyak maupun sedikitnya produksi urine dalam tubuh kita. Keempat faktor tersebut adalah hormon antitiuretik (ADH), jumlah air yang kita minum, saraf, dan banyak atau sedikitnya hormon insuin kita. 
Berikut penjelasannya secara lebih rinci mengenai faktor yang mempengaruhi produksi urine:
Faktor-faktor yang memengaruhi banyak sedikitnya produksi urine manusia
1. ADH
Hormon antidiuretik atau yang biasa disingkat ADH ini dihasilkan oleh kelenjari hipofisis posterior yang mempengaruhi tingkat penyerapan air di bagian tubulus distal. Hal ini akan mengakibatkan tingkat permeabilitas sel terhadap air akan meningkat.
Kalau hormon ADH nya rendah maka penyerapan air akan berkurang. Akibatnya adalah urine akan semakin encer dan banyak. Kebalikannya jika hormon ADH nya banyak, maka penyerapan urine akan banyak. Akibatnya adalah urinenya sedikit dan lebih pekat.
Jika seseorang terdapat kekurangan kemampuan dalam mensekresikan ADH, maka akan terkena penyakit insipidus. Penyakit ini ditandai dengan urine yang dikeluarkan sangat encer.
2. Jumlah air yang diminum
Akibat jumlah air yang diminum semakin banyak akan menyebabkan menurunnya konsentrasi protein sehingga tekanan koloid protein akan menurun. Tekanan pada proses filtrasi atau penyerapan akan menurun. Hasilnya adalah urine yang diproduksi ginjal akan banyak.
3. Saraf
Rangsangan yang terjadi pada saraf ginjal akan menimbulkan penyempitan pada duktus aferen. Akibatnya adalah aliran darah menuju glomerulus akan berkurang (tekanan darah menurun). Peristiwa ini mengakibatkan proses penyerapan kurang efektif
4. Banyak sedikitnya hormon insulin dalam tubuh
Pada penderita diabetes militus atau kencing manis mengalami kekurangan hormon insulin.  Kadar gula dalam darah ini akan dikeluarkan melalui tubulus distal. Di dalam tubulus distal maka akan terjadi kelebihan gula dalam darah. Sehingga proses penyerapan urine akan terganggu. Akibatnya adalah penderita diabetes sering kencing (sering mengeluarkan urine).
Itulah 4 faktor yang berpengaruh terhadap produksi urine pada tubuh kita. Ternyata kalau kebanyakan minum air putih juga tidak baik karena proses filtrasi kurang maksimal. Sedikit minum air juga akan mengganggu penyerapan pada ginjal sehingga dalam tubuh banyak zat racun yang tidak bisa dikeluarkan. Oleh karena itu selalu jagalah ginjal kita dengan makan dan minum minuman yang sehat.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar