Mendidik dengan Hati

Pengalaman mencari tempat penukaran mata uang asing di Semarang

Tempat penukaran mata uang asing atau yang biasa disebut dengan “money changer” merupakan tempat dimana kita bisa menukar mata uang asing dengan rupiah atau kita membeli mata uang asing dengan rupiah. Pada hari Jumat, 8 Januari 2015 pak Mono mau membeli mata uang Riyal (mata uang Arab Saudi) untuk keperluan orang tua yang umroh. Semoga kita bisa ke Mekah untuk umroh dan haji. Aamiin...
Pada awalnya saya mau menukar Rupiah ke Riyal di Bank BNI dan Bank BRI. Ternyata di bank BRI cabang UNNES tidak ada. Di bank BNI cabang UNNES ternyata bisa menukar tapi harus pesan terlebih dahulu. Lama memesannya sekitar 2 sampai tiga hari. Karena keperluan yang mendesak, saya di arahkan oleh pihak bank BNI untuk menukarnya di tempat “money changer” di kawasan Simpang Lima dan di kawasan Jalan Pemuda Kota Semarang.
Saya pun bingung, dan akhirnya membuka internet untuk mencari tempat penukaran mata uang asing di daerah Semarang. Di situs Seputar Semarang tertulis alamat tempat penukaran valas (valuta asing) di Jalan Pemuda no 39 C Semarang. Tempat itu bernama PT. Supit, Authorized Money Changer (kira-kira artinya pedagang valuta asing).
Saya langsung tancap gas untuk bergegas ke daerah jalan Pemuda Semarang. Yang saya tahu ancer-ancer jalan pemuda adalah SMA Negeri 3 Semarang. Saya perlahan-lahan lewat depat jalan pamuda melewati SMA Negeri 3 Semarang sambil tengok kanan dan tengok kiri. Ternyata sampai lampu merah pertama dan kedua tidak ada juga. Akhirnya saya kebablasan sampai ke daerah Johar. Kemudian saya balik lagi ke kawasan jalan Pemuda dan bertanya kepada tukang parkir mobil dekat Bank BCA.
“Permisi pak, saya mau tanya kalau tempat penukaran mata uang asing PT Supit di daerah mana yah? Beliau tukang parkirnya berkata:”itu dek tempatnya persis di dekat lampu merah, adek nanti putar saja di depan Bank BCA, tempatnya di dekat lampu merah persis sebalah kiri. Jadi nanti hati-hati saat ambil jalan sebelah kiri.” Saya berkata:”nggih pak, matur nuwun (terima kasih)”.
Setelah di depan Bank BCA, saya menemui lagi tukang parkir mobil untuk lebih mantap saja. Beliau tukang parkir yang satu lagi juga memberikan pengarahan yang sama bahwa PT Supit tempat penukaran uang asing letaknya di lampu merah kedua jalan pemuda. Letaknya persis di sebalah kiri lampu merah. Oke makasih banyak yah pak.... saya langsung bergegas lagi.
Alhamdulillah tempatnya ketemu, depannya masih terlihat bangunan ruko agak lama terkesan klasik. Yang bekerja disana keturunan China semua. Mungkin juga yang punya PT Supit orang Indo China kali yah. Sampai disana tidak antri. Pengunjugnnya waktu itu tiga orang saja.
Saya langsung menemui ibu-ibu dan menanyakan ada uang riyal gak bu? Owh ada mas, tapi uangnya ratusan gimana yah? Mau ndak? Sayapun mengiyakan, tidak apa-apa deh. Saya mau menukar 3 juta aja bu. Ibunya berkata 1 riyal dijual Rp4000. Dalam benak hati berhata, waduhhh mahal juga yah. Tapi karena keperluan mendesak tidak apa-apa deh. Yang penting dapat dan langsung pulang ke kampung.

Demikianlah pengalamat pak Mono menukar mata rupiah ke riyal Arab Saudi di PT Supit Semarang. Tempatnya di jalan Pemuda Kota Semarang. Acer-ancernya di SMA 3 Semarang lurus terus. Ketika lampu merah ke dua sebelah kiri itulah tempat PT Supit. Jika kurang paham, nanti sobat tanya aja yah sama orang di jalan. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar