Mendidik dengan Hati

3 fungsi hemoglobin dalam sel darah merah

Fungsi hemoglobin dalam darah merah (eritrosit) – fungsi hemoglobin adalah berperan dalam mengangkut O2 (oksigen) dari paru-paru kemudian membentuk oksihemoglobin yang beredar pada seluruh jadingan tubuh. Fungsi lain dari hemoglobin adalah mengangkut CO2 (karbondioksida) dari jaringan menuju paru-paru. Jadi bisa dikatakan sebagai transportasi oksigen dan karbondioksida. Fungsi hemoglobin yang ketiga adalah menjaga kesemimbangan asam dan basa dalam tubuh.
3 fungsi hemoglobin dalam sel darah merah
gambar bentuk sel darah merah
Hemoglobin terdiri dari protein (disebut pigmen) dan pigmen non protein (heme). Hemoglobin yang telah tua tau tidak bisa dipakai lagi akan dirombak di hati kemudian menjadi pigmen empedu yang berwarna hijau. Zat besi yang ada pada hemoglobin digunakan kembali untuk membentuk eritrosit yang baru.
Sel darah merah
Seldarah merah atau eritrosit adalah bagianutama dari sel darah. Jumlah sel darah merah yang dimiliki oleh seorang pria dewasa adalah 5 juta sel tiap cc. Sedangkan pada seorang wanita sekitar 4 juta sel tiap cc darah. Jumlah sel darah merah juga bergantung pada usia dan juga jenis kelamin. Bentuk eritrosit seperti cakram bikonkaf yang berdiameter 8 mikro meter dan tidak memiliki inti.
Mengapa warna sel darah merah merah? Karena sel darah merah mengandung hemoglobin yang warnanya merah tua. Fungsi utama dari hemoglobin adalah mengikat oksigen.
Proses pembentukan hemoglobin di dalam sumsum tulang yang diatur oleh hormon glokoprotein. Usia dari sel darah merah adalah 120 hari. Jadi sebenarnya tubuh terus memproduksi sel darah merah. Eritrosit yang telah tua dan tidak dipakai lagi akan diproses di hati atau limpa dan pada sumsum merah yang ada pada tulang pipih.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar