Mendidik dengan Hati

Gangguan pada sistem pencernaan manusia

Berikut ada beberapa gangguan ataukelainan  pada sistem pencernaan manusia:
A. Gastritis
Penyakit gastritis adalah peradangan yang kronis atau akut pada bagian lapisan mukosa pada dinding lambung. Penyebab gastritis adalah seseorang sering memakan makanan yang banyak mengandung kuman. Ada kemungkinan lain juga karena kadar HCl (asam klorida) yang terlalu tinggi pada lambung.
Gangguan pada sistem pencernaan manusia
gejala gastritis
B. Hepatitis
Penyakit hepatitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menginfeksi hati. Virus hepatitis ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman. Virus ini dapat menular dari satu orang ke orang lain.
C. Diare
Penyakit diare adala iritasi pada kolon atau dinding usus besar. Ciri-ciri diare adalah feses berbentuk encer. Penyebab diare adalah penderita memakan makanan yang terkontaminasi oleh kuman. Selain itu penyebabnya juga oleh makan makanan yang terlalu pedas dan asam.
D. Konstipasi
Penyakit konstipasi adalah feses di dalam usus mengeras dan susah untuk dikeluarkan. Nama lain dari konstipasi adalah sembelit. Sembelit ini disebabkan oleh terserapnya air pada sisa makanan di usus. Akibatnya feses akan mengeras. Orang yang sering mengalami konstipasi perlu memperbaiki pola makan. Untuk menghindari hal tersebut seseorang harus cukup minum air dan cukup serat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran.
E. Apendisitis
Penyakit apendisitis adalah peradangan pada ependiks. Penyebab apendisitis adalah umbai cacing terinfeksi oleh bakteri. Untuk menghindari apendisitis, hindari makanan yang keras seperti biji-bijian yang tertelan atau makanan keras lainnya yang susah dicerna oleh usus kita.
F. Wasir/ Ambeyen/ Hemeroid
Penyakit wasir atau ambeyen adalah pembuluh vena pada sekitar anus mengalami pembengkakan. Penderita yang sering mengalami ambeyen adalah ibu hamil dan orang yang sering duduk.
G. Maag
Penyakit maag merupakan penyakit yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar asam di lambung. Gejala maag seperti nyeri pada lambung, perut kembung, muntah, dan mual. Hal yang bisa menyebabkan maag adalah pola makan yang tidak teratur.
H. Keracunan
Keracunan merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi oleh bakteri maupun bahan kimia. Untuk mengatasi keracunan harus segera minum air putih yang banyak dan segera ke rumah sakit.
Demikianlah 8 gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan.Untuk menghindari hal tersebut, sebelum makan kita cuci tangan terlebih dahulu. Makanan yang benar-benar sehat dan bebas lalat.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar