Mendidik dengan Hati

Jenis-jenis karbohidrat dan manfaatnya

Jenis-jenis karbohidrat dan manfaat karbohidrat – Kalori yang diperlukan oleh tubuh kita didominasi oleh karbohidrat yakni mencapai 80%. Setiap 4,1 kalori dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Karbohidrat tersusun atas unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Contoh makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah nasi, ubi, singkong, gula, talas, jagung, beras merah, dan kentang.
Jenis-jenis karbohidrat dan manfaatnya
Jenis-jenis karbohidrat :
1. Monosakarida adalah jenis karbohidrat yang terdiri dari satu molekul gula. Monosakarida merupakan jenis karbohidrat yang sangat sederhana. Contoh monosakarida adalah fruktosa dan glukosa.
2. Disakarida adalah jenis karbohidrat yang terdiri dari dua molekul gula. Contoh disakarida adalah gula putih atau sukrosa, laktosa, dan maltosa.
3. Polisakarida adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas banyak gugus gula. Contohnya adalah amilum (pati), selulosa, dan glikogen (gula untuk otot).
Makanan yang kita makan mengandung karbohidrat akan diserap oleh tubuh dalam bentuk monosakarida yaitu glukosa. Di dalam organ hati kita, sebagain dari glukosa akan diubah dalam bentuk glikogen kemudian disimpan dalam tubuh.
Manfaat karbohidrat bagi tubuh:
1. Sebagai sumber energi
2. Dapat menjaga keseimbangan asam dan basa pada tubuh
3. Berperan dalam proses metabolisme tubuh
4. Dapat mengikat lemak dan protein dalam pembentukan struktur sel.
Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis karbohidrat dan manfaatnya bagi tubuh kita.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar