Mendidik dengan Hati

Peran dan fungsi plasma darah bagi tubuh

Fungsi plasma darah bagi tubuh adalah mengangkut sari-sari makanan menuju sel-sel dalam tubuh dan membawa hasil sisa pembakaran dari sel-sel menuju tempat pembuangan. Selain itu, fungsi sel darah merah adalah menghasilkan zat antibodi atau kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
fungsi plasma darah bagi tubuh
gambar plasma darah yang berupa cairan di dalam pembuluh darah
Plasma darah merupakan bagian yang terbesar dalam darah. Separoh lebih dari darah kita terdiri dari plasma darah. 90% dari plasma darah mengandung air. Komposisi dari plasma darah adalah air dan protein yang terdiri dari 0,3% fibrinogen, 4% albumin, dan 2,7% globulin. Bagian cairan yang tida mengandung fibrinogen disebut sebagai serum darah. Yang bertindak sebagai antibodi dalam plasma darah adalah protein dalam serum.
Zat antibodi merupakan senyawa gama globulin pada plasma darah yang fungsinya berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Berikut komposisi kimia yang ada dalam plasma darah:
Komponen
Persen
Protein
7
Garam organik
< 1
H2O
90
Bahan lain
2

Demikianlah penjelasan mengenai peran dan fungsi plasma darah bagi tubuh kita. Luar bisa sekali atas penciptaanNya ini.
Baca juga artikel fungsi pembuluh darah
Semoga kita bisa selalu bersyukur atas nikmatNya yang sering kita lalaikan tetang proses yang ada di dalam tubuh kita ini. Artikel ini bersumber dari buku BSE Biologi kelas XI penulis Renni Diastuti. Semoga bermanfaat
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar