Mendidik dengan Hati

Tips merawat kabel charger lapto agar awet dan tidak rusak

Tips menjaga kabel charger agar tidak rusak ini berawal dari pengalaman pribadi. Hari ini Kamis, 10 Maret 2016 dengan terpaksa saya memotong kabel charger ASUS. Sudah dua bulan kabel charger laptop kesayangan saya ini sudah rusak. Harus di gulung-gulung dengan tali rafia. Haduuuhhh gak keren blassss kan?
Ketika membeli laptop dulu awal tahun 2011 rajin banget merawat chargernya dengan menggulung charger secara rapi. Setelah beberapa bulan kemudian semrawut. Dengan alasan kalau mau pergi secara mendadak harus kemas-kemas laptop dengan cepat. Seringnya sih begitu.
Kebiasaan saya waktu di asrama mahasiswa Universitas Negeri Semarang laptop saya sering menyala dan sering ditinggal. Kabel chargernya pun melewati lalu lintas di kamar. Ahirnya sering keinjak-injak. Entak tidak sengaja diinjak sendiri atau tidak sengaja diinjak terinjak teman sekamar. Makkluuummm satu kamar itu isinya empat orang. Tapi besar kok kamarnya heheheh.
kurang lebih seperti ini cara menggulung yang benar
Karena mungkin sering terinjak dan tersandung sampai hampir saja laptop mau jatuh menjadi penyebab charger laptop ASUS saya rusak. Oleh karena itu, bagi temen-temen di rumah saya mau memberikan tips agar charger laptop kesayangan kamu itu tetep awet. Saat ini laptop hampir nyawa kedua yah... tanpa laptop saya tidak bisa bertempur hehehe. Simak berikut ini:
1. Menggulung kabel yang benar
Cara menggulung kabel charger laptop yang benar adalah dari bawaan pabrik itu sendiri. Ketika pertama kali kita beli laptop, pasti kabel sudah tergulung dengan rapi. Biasanya juga dilengkapi dengan sarung charger. Sebaiknya setelah kamu pakai laptop, gulung kabel charger seperti semula dan tempatkan pada sarung chargernya. Hal ini untuk menghindari putusnya kabel laptop di dalam kabel itu sendiri.
2. Jangan sembarangan meletakan kabel charger
Ketika di rumah atau di sekolah dan tempat lainnya, usahakan kabel laptop kamu aman dari gangguan. Misalnya terhindar dari tempat lalu lalang teman-teman kamu. Hal ini untuk menghindari kabel chargernya rusak karena terinjak-injak dan tersandung sehingga kabel charger tertarik.
Itu saja tips yang menurut saya sangat ampuh agar kabel kamu bisa tetap awet dan tahan lama. Pokoknya sehabis pakai laptop jangan terburu-buru ketika menggulung kabel. Alhasil gulungannya semrawut dan jadi berubah.
Kasus rusaknya kabel charger saya ternyata di dalamnya ada kabel yang korslet. Setelah kabel saya potong dan amati, ada salah satu kabel positifnya menempel pada kabel negatif yang mengakibatkan korslet dan aliran arus listriknya tidak sampai ke laptop. Hal ini dikarenakan ada bagian selubung kabel positif yang terbuka mungkin karena terinjak sehingga lecet.
Untuk mengatasinya, saya potong bagian yang korslet terssebut dengan menggunakan gunting. Terus di sambung kembali dan di solatip. Alhamdulillah berhasi... laptop bisa onfire kembali Semoga bermanfaat :)
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar