Mendidik dengan Hati

5 contoh perkembangbiakan vegetatif buatan

Pengertian perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan pada tumbuhan secara tidak kawin yang dilakukan oleh manusia. Contoh perkembangbiakan secara vegetatif buatan adalah merunduk, stek, menyambung/ mengenten, okulasi, dan mencangkok.
1. Mencangkok
Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
cara mencangkok
Mencangkok adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara memodong dahan induknya. Tumbuhan yang bisa dicangkok adalah tumbuhan dikotil atau berkeping dua. Tidak mungkin akalu tanaman kelapa itu dicangkok hehehe. Contoh tumbuhan yang biasa dicangkok adalah durian, rambutan, mangga, jambu, dan jeruk.


2. Okulasi atau menempel
Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
cara okulasi
Okulasi adalah menempelkan mata tunas dari tumbuhan yang sama namu memiliki sifat yang berbeda. Contohnya adalah menempel atau okulasi mangga manalagi dengan mangga arum manis, rambutan yang berbuah banyak tapi rasa kurang manis dengan rambutan yang berbuah manis. Tujuan okulasi adalah untuk menghasilkan tanaman yang unggul.
3. menyambung / mengenten
cara menyambung
Menyambung adalah menggabungkan dua jenis tumbuhan yang sama tapi sifatnya berbeda dengan cara menyambung. Contohnya adalah menyambung mangga yang berbuah asam tapi akarnya kuat dengan buah mangga yang manis tapi akarnya lemah.
4. Stek
cara stek pada tanaman singkong
Stek adalah usaha memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong-memotong bagian induknya. Contoh tumbuhan yang biasa di stek adalah singkong, mawar, melatu, kangkung, dan tebu.
5. Merunduk
cara merunduk pada tanaman anggur
Merunduk adalah usaha memperbanyak tumbuhan dengan cara merundukan cabang induknya pada tanah. Contohnya adalah anggur, selada air, apel, anyelir, dan alamanda.
Demikianlah penjelasan Pak Mono mengenai contoh perkembangbiakan secara vegetatif buatan. Baca juga contoh perkembangbiakan vegetatif alami. Semoga bermanfaat :)
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar