Mendidik dengan Hati

Fungsi otak otak depan, otak tengah, otak belakang, dan pons varoli

Pak Mono akan menjelaskan bagian-bagian otak dan fungsinya pada manusia. Biasanya di Ujian Nasional sering keluar. Contohnya adalah bagian otak yang ditunjukkan pada gambar X berfungsi untuk?
Volume otak pada manusia umumnya sekitar 1200 mL sampai 1500 mL dan massanya sekitar 1,5 kg. Otak kita dibagi menjadi tiga bagian yaitu otak depan, otak tengah, dan otak belakang.
Otak depan terdiri dari hipotalamus, talamus, dan otak besar (serebrum).
Otak tengah terdiri dari batang otak.
Otak belakang terdiri dari jembatan varol (pons varoli), medula oblongata, dan otak kecil (serebelum).
Fungsi otak otak depan, otak tengah, otak belakang, dan pons varoli
Berikut ini fungsi bagian otak, untuk gambarnya bagian-bagiannya bisa dilihat pada gambar di atas yah!
1. Batang otak berfungsi untuk meneruskan rangsangan atau impuls dan dari menuju ke pusat otak. Batang otak juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan sebagai pusat koordinasi gerak tubuh.
2. Otak tengah berfungsi untuk menerima dan sekaligus meneruskan impuls suara yang masuk. Selain itu otak tengah berfungsi untuk mengirimkan impuls sendori ke pusat otak dan sebagai koordinasi reflesk visual. Contohnya kalau kita melihat hal yang mengerikan kita otomatis akan berteriak dengan kencang.
3. Otak kecil atau serebelum berfungsi untuk pusat koordinasi gerakan tubuh, mengingat respon motorik, dan yang mendukung kita dalam kegiatan belajar sehingga kita akan mudah mengingat materi pelajaran.
4. Otak besar atau serebrum berfungsi sebagai pusat koordinasi tubuh, mengatur emosi, mengatur aktivitas berbicara, belajar, dan mengingat sesuatu.
5. Hipotalamus berfungsi sebagai pengontrol fungsi organ pencernaan, pengontrol kelenjar pituitari, pengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, berperan dalam sistem reproduksi, mengatur rasa haus dan lapar sehingga kita ingin makan dan minum.
6. Talamus berfungsi untuk mendukung otak besar seperi mengatur emosi, kewaspadaan, ingata, kesadaran, dan mengatur rangsangan dari sensor.
7. Jembatan varol berfungsi untuk penghubung otak kecil dengan bagian-bagian otak lainnya.
Kalau dilihat dari bagian atas, otak kita dipisahkan oleh lekukan yang besar sehingga otak terbagi menjadi otak kiri dan otak kanan. Keduanya mengatur tubuh secara berlawanan. Otak kiri mengontrol bagian tubuh kita yang sebelah kanan. Otak kanan kita mengontrol tubuh kita pada bagian sebelah kiri.
Kalau seorang pemain bulu tangkis menggunakan tangan kiri atau kidal berarti orang tersebut memiliki perkembangan otak kanan yang lebih berkembang dibandingkan otak kirinya. Demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi bagian-bagian otak pada manusia. Sumber : buku BSE IPA kelas IX Depdikbud.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar