Mendidik dengan Hati

Bagian-bagian kulit tubuh manusia

Bagian-bagian kulit – Kulit merupakan jaringan yang ada pada permukaan tubuh. Fungsi kulit antara lain mengekskresikan zat sisa metabolisme tubuh dalam bentuk keringat. Bagian kulit tubuh manusia tersusun atas kulit ari/ epidermis, kulit jangat/ dermis, dan jaringan ikat. Pada setia lapisan mempunyai fungsi masing-masing.
Bagian-bagian kulit tubuh manusia
1. Kulit ari
Kulit ari merupakan lapisan kulit yang paling luar dan bentuknya sangat tipis. Kulit ari ini terbagi menjadi dua lapis, yaitu lapisan tanduk dan lapisan malpighi.
a. Lapisan tanduk
Lapisan tanduk merupakan bagian lapisan kulit ari yang letaknya paling luar dan lapisan ini mudah mengelupas karena lapisan kulit mati. Lapisan tanduk mengandung zat keratin. Pada lapisan ini tidak terdapat sel saraf maupun sel darah sehingga tidak terasa sakit pada waktu kulit ini mengelupas.
b. Lapisan malpighi
lapisan malpighi adalah lapisan kulit ari yang terletak di bawah lapisan tanduk. Lapisan ini terdapat pembuluh kapiler dan terdiri atas selsel hidup yang selalu aktif membelah diri. Oleh karena itu jika lapisan kulit malpighi ini terluka maka akan terasa sakit dan mengeluarkan darah. Lapisan malpighi mengandung melanin. Melanin adalah suatu pigmen yang melindungi kulit dari sinar matahari. Jika kulit sering terkena sinar matahari, maka produksi melanin akan semakin meningkat sehngga kulit akan berwarna gelap atau hitam. Selain mengandung melanin, lapisan malpighi juga mengandung keratin. Apabila melanin dan keratin bergabung, maka warna kulit akan kekuningan. Seseorang dikatakan albino karena tidak memiliki pigmen kulit seperti melanin dan keratin.
Pada permukaan kulit ari terdapat pori-pori yang fungsinya sebagai muara kelenjar minyak dan juga ditumbuhi oleh rambut. Terkecuali pada bagian telapak tangan dan telapak kaki. Lapisan pada kulit tangan dan kulit kaki terdiri atas empat lapis :
a. Lapisan stratum germinalis
b. Lapisan stratum granulosum
c. Lapisan stratum lusidum
d. Lapisan stratum korneum
2. Lapisan kulit jangat
Kulit jangat atau yang biasa disebut dengan dermis merupakan lapisan kedua dari kulit kita. Lapisan kulit ari dan lapisan kulit demis dibatasi oleh membran basalis. Lapisan dermis lebih tebal daripada lapisan epidemis.
Bagian lapisan dalam kulit jangat/ demis adalah :
a. Pembuluh kapiler yang fungsinya untuk menyalurkan nutrisi pada sel kulit dan pada akar rambut.
b. Kelenjar minyak berfungsi sebagai penghasil minyak agar kulit tidak kering dan mengkerut.
c. Kelenjar keringat berfungsi sebagai penghasil penghasil keringat dan letaknya pada seluruh kulit tubuh.
d. Kantong rambut terdiri atas batang rambut, akar rambut dan kelenjar minyak rambut. Pada saat kita terasa ketakutan, rambut disekitar kulit tangan kita terasa berdiri atau merinding karena terdapat otot polos.
e. Kumpulan saraf rasa panas, rasa dingin, saraf sentuhan, dan saraf rasa nyeri.
3. Jaringan ikat bawah kulit
Jaringan ikat merupakan lapisan yang ketiga setelah lapisan dermis. Pada jaringan ikat ini cirinya adalah terdapat lemak. Fungsi lemak disini adalah untuk melindungi tubuh dari panas, dari hawa dingin, dari benturan dengan benda keras, dan sebagai cadangan sumber energi.
Demikianlah penjelasan pak Mono tentang bagian-bagian kulit tubuh manusia. Untuk itu mari kita jaga kebersihan kulit tubuh kita agar kulit tetap sehat dan terjaga.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar