Mendidik dengan Hati

Jenis-jenis batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf

Pak Mono akan menjelaskan secara ringkas tentang jenis-jenis batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Ketiga jenis batuan ini terdapat pada lapisan kulit bumi.
Jenis-jenis batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf
1. Batuan beku
Pengertian batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang memijar kemudian membeku (mengalami pendinginan) dan menjadi batuan padat. Jenis-jenis batuan beku dibagi menjadi tiga yaitu:
a. Batuan beku dalam atau batuan tubir
batuan ini terbentuk di bagian dalam kulit bumi. Contoh batuan ini adalah batu granit yang bentuknya kristal. Terbentuknya batu yang seperti kristal ini terjadi dalam waktu yang sangat lama karena proses pendinginan.
b. Batuan leleran atau batuan beku luar
terbentuknya batuan beku luar pada luar kulit bumi karena terjadi penurunan suhu yang sangat cepat. Batuan ini juga berasal dari magma yang keluar. Bentuk batuan leleran dapat berupa kristal kecil dan kristal besar dan ada yang tidak berbentuk kristal. ada
c. Batuan korok atau batuan bentuk gang
proses terbentuknya batuan korok ini berada di dalam korok-korok atau gang yang mengalami pendinginan dan terletak di dekat permukaan bumi. Bentuk dari batuan korok adalah berupa kristal kecil, kristal besar, dan ada yang tidak kristal. Contoh batuan korok adalah granis fosfir.
2. Batuan sedimen
Batuan sedimen disebut juga batuan endapan. Batuan sedimen terbentuk karena pelapukan pada batuan beku yang menyebabkan struktur batuan mudah terlepas. Batuan yang terlepas kemudian akan terendap atau menumpuk dan akhirnya mengeras kembali.
Batuan sedimen dikelompokkan menjadi tiga macam berdasarkan pengendapannya yaitu :
1. Batuan sedimen kontinental
Jenis batuan sedimen ini terjadi karena pengendapan batuan yang ada di laut. Contoh batuan sedimen kontinental adalah tanah gurun pasir dan tanah los.
2. Batuan sedimen marine
Jenis batuan ini juga terjadi karena pengendapan batuan di laur. Contohnya adalah lumpur biru di pantai, lumpur merah, dan endapan radiolaria.
3. Batuan sedimen lakustre
Jenis batuan ini terjadi karena proses pengendapan batuan di danau. Contohnya adalah batuan tanah liat danau.
Jensi betuan sedimen berdasarkan perantaranya dibagi menjadi tiga yaitu :
1. Batuan sedimen aquatis
Yang termasuk batuan sedimen aquatis adalah batu pasir, batu konglomerat, dan batuan breksi.
2. Batuan sedimen glasial
Jenis batuan ini terbentuk karena proses pelapukan dari batuan beku yang terbawa oleh es. Contohnya adalah moraine.
3. Batuan sedimen aeris
Jenis batuan ini terbentuk dari batuan beku yang terbawa oleh angin. Contohnya adalah tanah pasir yang ada di gurun pasirdan tanah los.
3. Batuan metamorf
Pengertian batuan metamorf adalah batuan yang ebrasal dari batuan sedimen atau batuan beku yang mengalami perubahan karena tekanan tinggi dan suhu tinggi.
a. Pengeruh tekanan tinggi
Jika terdapat endapan yang tebal pada bagian atas batuan maka akan menyebabkan tekanan menjadi tinggi. Contohnya adalah batu pasir dari pasir.
b. pengaruh suhu tinggi
Penyebab suhu tinggi adalah magma. Jenis batuan metamorf ini berdekatan dengan dapur magma contohnya adalah manner dari batu kapir dan anrasi dari batu bara.
c. Pengaruh tekanan dan suhu tinggi
Jenis batuan ini terbentuk ketika terjadi pembentukan pegunungan sehingga terjadi tekanan dan suhu yang tinggi akibat peristiwa pergeseran dan lipatan. Contohnya dalah batu chist dan shale.
Demikianlah pembahasan pak Mono tentang jenis-jenis batuan yang ada di permukaan bumi. Coba amati di sekeliling tempat tinggal kalian. Termasuk jenis apakah batu tersebut?
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar