Mendidik dengan Hati

Kebudayaan dan proses kedatangan Proto Melayu dan Deutro Melayu

Asal-usul nenek moyang yang telah mendiami wilayah Indonesia ini berasal dari bangsa Melayu. Pendapat ini telah dikemukakan oleh Hogen. Baca dengan lengkap di artikel asal usul nenekmoyang bangsa Indonesia.
Kebudayaan dan proses kedatangan Proto Melayu dan Deutro Melayu
gambar kapak persegi
1. Bangsa Proto Melayu
Proto melayu merupakan bangsa melayu tua. Jalur yang dilalui oleh bangsa proto melayu adalah ada dua, yaitu :
a. Arah jalan barat yang dimulai dari Semenanjung Malaka sampai ke Sumatra, kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.
b. Arah jalan timur dari Semenanjung Malaka kemudian ke Filipina, dan ke Minahasa. Kemudian menyebar ke berbagai daerah sekitar minahasa.
Kebudayaan proto melayu
Kebudayaan proto melayu diangap lebih tinggi dibandingkan dengan kebudayaan Homo Sapiens di Indonesia. Kebudayaan proto melayu masuk di kebudayaan batu atau neolitikum. Contoh kebudayaan proto melayu adalah barang-barang terbuat dari batu namun hasilnya sudah halus dan rapi, kapak persegi berasal dari jalan barat sedangkan kapak lonjong berasal dari jalan timur.
Salah satu keturunan bangsa proto melayu yang saat ini masih hidup adalah suku yang ada di Papua, suku Batak, suku Torajam dan suku Dayak.
2. Bangsa Deutro Melayu
Bangsa deutro melayu merupakan bangsa melayu muda yang sejak 500 SM sudah memasuki wilayah Indonesia melalui jalan barat dan datangnya secara bergelombang.
Kebudayaan deutro melayu

Kebudayaan bangsa deutro melayu sudah tinggi dibandingkan dengan bangsa proto melayu. Contoh hasil kebudayaannya adalah barang-barang yang terbuat dari logam seperti besi dan perunggu. Kebudayaan deutro melayu ini sering disebut dengan Don Song. Contoh lainnya adalah bejana perunggu, nekara, dan kapak sepatu. Contoh bangsa deutro melayu yang sampai saat ini masih ada adalah bangsa Melayu, Bugis, Jawa, Minang, dan Batak.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar