Mendidik dengan Hati

5 manfaat kurma sebagai menu berbuka puasa paling top!

Kurma merupakan makanan khas orang Arab. Disananah kurma dapat tumbu secara subur dan dapat berbuah banyak. Kurma yang terkenal di kalangan umat islam adalah kurma Nabi. Rasulullah Muhammad Salallahu ‘alaihi wasalam menganjurkan kepada kita untuk berbuka dengan kurma. Jadi kalau kita berbuka dengan kurma bisa mendapat pahala karena termasuk sunnah beliau. Semua anjuran dari Rasulullah pasti banyak manfaatnya untuk umatnya. Berikut ini pak Mono akan menyampaikan 5 manfaat kurma yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
1. Kurma mudah di cerna
Sesuai dengan anjuran Rasulullah, bahwa menu yang baik untuk berbuka puasa adalah kurma. Secara medis modern, kurma merubahan buah yang mudah dicerna oleh alat pencernaan kita. Jadi tidak aka membuat perut kita menjadi kaget dan malah menyehatkan tubuh kita. Kandungan kurma ini ketik di dalam perut akan mengaktifkan kerja dari sistem pencernaan setelah kita puasa seharian. Luar biasa sekali yah manfaatnya.
2. Kurma sebagai sumber energi
Kandungan glukosa dan fruktosa pada kurma yang kita konsumsi dapat menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Sehingga tubuh kita akan kembali fit lagi setelah badan terasa lemah. Bagi penderita diabetes insyaAllah aman ketika berbuka puasa dengan kurma. Karena manisnya alami.
3. Kurma dapat mengontrol nafsu makan
Sangat tepat sekali anjuran Rasulullah. Pada saat berbuka puasa kita pasti ingin menyantap semua makanan yang ada di meja makan. Dengan kita memakan 3 butir atau 5 butir kurma saja sudah cukup untuk memberikan energi bagi kita. Setelah kita makan kurma secukupnya, barulah kita mendirikan shalat magrib. Jadi setelah makan kurma, perut kita tidak lagi minta diisi. Setelah solat magrib barulah kita makan besar. Eiizzz jangan dihabisin semua yang ada di menja!
4. Kurma menjaga keseimbangan keasaman dalam darah
Pada saat berbuka puasa, mungkin nafsu kita tidak terkontrol, ingin makan kolak, ingin makan es cendo, ingin makan kue, ingin maka gorengan dan sebagainya. Jika kita makan yang sembarangan atau secara mendadak kita makan apa saja apa yang ada di depan kita malah dapat mengakibatkan tingkat keasaman dalam darah kita meningkat. Berbeda sekali jika kita berbuka dengan beberapa butir kurma terlebih dahulu. Kurma akan menjaga keseimbangan tingkat keasaman dalam darah kita.
5. Mencegah sembelit
Banyak orang yang berpuasa sering mengalami sembelit akibat makan yang sembarangan dan jarang mengkonsumsi sayuran. Mungkin karena banyak makanan daging dan makanan berlemak. Nah kandungan dalam kurma mengandung serat larut dan asam amino yang sangat membantu tubuh kita dalam proses pencernaan. Artinya kurma bisa meringantkan kerja sistem pencernaan kita.
Demikianlah 5 manfaat kurma untuk berbuka puasa. Artikel ini saya ambill dari nationalgeographic.co.id. Semoga bermanfaat :)
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar